Ini Kriteria PNS Ideal yang Dibutuhkan Pemerintah

by
January 23rd, 2014 at 4:49 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pada tahun ini pemerintah akan kembali membuka lowongan sebanyak 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS). Lowongan CPNS tersebut akan mulai dibuka pada bulan Maret 2014 mendatang.

menteri pan rb

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar – Ist

Perekrutan CPNS ini sering dikritik hanya buang-buang uang negara. Pasalnya, banyak pegawai negeri sipil (PNS) yang ternyata kerjanya tidak profesional. Banyak yang bolos dan ada juga yang cuma duduk-duduk saja di saat jam kerja.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar membenarkan tidak semua PNS bekerja profesional. Menurutnya, dari 4,4 juta PNS, hanya 60-70 persen yang sudah memenuhi kriteria PNS ideal.

Azwar pun mengungkapkan ada kriteria khusus PNS yang benar-benar dibutuhkan pemerintah. “Dia disiplin, orang yang tipenya mengabdi, senang membantu orang bukan memperkaya diri, ada panggilan jiwa,” katanya.

Lebih lanjut, Azwar mengakui besarnya gaji sering dijadikan alasan kenapa banyak orang ingin jadi PNS. Namun, Azwar menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang PNS itu juga harus mempunyai kriteria mau membantu masyarakat.

“Orang yang senang mengurus negara, mengurus masyarakat,” ungkap Azwar, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (23/1/2014).

Baca juga: Cara Agar Mudah Lolos Tes Seleksi CPNS.

Tidak hanya itu, menurut Azwar, seorang PNS juga harus mempunyai wawasan yang luas dan jiwa pemimpin. “Jangan mempersulit birokrasi sehingga banyak anak bangsa yang bisa kerja di sektor swasta,” katanya.

Mengenai besarnya biaya yang dikeluarkan untuk PNS, Azwar mengaku pihaknya sedang berusaha melakukan penghematan. Beberapa perubahan akan dilakukan guna menghemat biaya.

“Saya sedang dorong supaya kurangilah belanja perjalanan dinas. Dari Rp 30 triliun, mungkin cukup Rp 20 triliun,” kata Azwar.

(YG)

Comment di sini