Tahun 2014, Pemerintah Buka Lowongan 100 Ribu CPNS

by
January 23rd, 2014 at 11:19 am

Jakarta (CiriCara.com) – Di tahun 2014 ini pemerintah akan kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sebanyak 100 ribu lowongan CPNS akan mulai dibuka mulai bulan Maret mendatang. Apakah Anda tertarik untuk ikut seleksi?

kuota cpns 2014

Seleksi CPNS – Ist

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar. “Tahun ini buka 100 ribu lowongan. (Bulan) Maret sudah dibuka,” katanya, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (23/1/2014).

Berbeda dari tahun lalu, pembukaan lowongan CPNS tahun 2014 ini memang sengaja dipercepat. Menurut Azwar, hal ini agar proses pengangkatan pegawai yang lolos seleksi bisa selesai lebih cepat dan tepat waktu.

“Jangan hasil tes tahun lalu diangkat sekarang, itu tidak enak jadi kami percepat,” ujar Azwar.

Selain itu, lanjut Azwar, pembukaan lowongan CPNS yang dipercepat itu agar bisa membantu peserta yang belum lolos di tahun sebelumnya. Menurutnya, dengan dipercepat maka peserta yang ingin kembali mencoba bisa lebih siap dalam menghadapi tes.

“Biar yang tahun lalu belum lolos seleksi dan ingin ikut lagi, masih segar,” ujar Azwar.

Azwar mengakui bahwa minat masyarakat untuk menjadi PNS memang sangat tinggi. Terbukti, ada 2 juta peserta yang ikut dalam seleksi CPNS tahun 2013 lalu. Padahal, saat itu pemerintah hanya akan merekrut 65 ribu orang.

Terkait dengan jalannya proses seleksi CPNS tahun ini, Azwar menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakannya secara bersih, objektif, transparan, adil, dan bebas dari KKN. Semua elemen masyarakat akan mendapatkan kesempatan yang sama.

“Sudah tidak ada titipan, sudah tidak laku pakai uang. Tahun lalu, anak menteri saja tidak lolos seleksi,” tegas Azwar yang juga menjelaskan bahwa peserta yang lolos dinilai dari hasil terbaik saat mengikuti tes.

(YG)

Comment di sini