Cara Membuat Pisang Molen

by
January 24th, 2014 at 4:11 pm

CiriCara.com – Selain bisa disantap langsung, buah pisang juga bisa diolah menjadi berbagai menu camilan. Salah satu menu favorit dari olahan pisang adalah pisang molen. Sudah banyak sekali penjual yang menjajakan pisang molen sebagai salah satu menunya.

pisang molen enak

Pisang molen renyah – Ist

Pisang molen ini mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, manisnya kulit molen ini juga pasti akan membuat Anda jadi ketagihan. Apalagi jika pisang molen ini disantap sambil ditemani secangkir teh hangat, pasti jadi tambah nikmat.

Baca juga: Cara Membuat Pisang Goreng Pasir.

Saat ini penjual pisang molen memang sudah sangat banyak. Tapi, bagi Anda yang ingin belajar cara membuat pisang molen, berikut ada resep beserta panduan cara membuatnya. Selamat mencoba!

Resep Pisang Molen Keju

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 50 gram gula
- Pisang raja, masing-masing belah menjadi 2 bagian dan potong menjadi dua 2. Secukupnya.
- 20 potong keju yang sudah dipotong panjang
- 60 gram mentega, cairkan
- 50 ml air hangat
- 1 kuning telur
- Garam secukupnya
- 1 sendok teh vanili

Cara membuat:
- Campur terigu, gula, garam, vanili, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan mentega, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
- Uleni adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan plastik selama kurang lebih 20 menit.
- Ambil secukupnya adonan, giling pakai alat giling molen setebal kira-kira 2 mm, lebar kurang lebih 3-4 cm, kira-kira sepanjang 30 cm.
- Taruh pisang dan keju di tengah-tengah adonan yang sudah digiling. Gulung adonan hingga pisang dan keju tertutup rapat. Lakukan cara ini hingga adonan dan pisang habis.
- Goreng pisang yang sudah digulung adonan hingga berubah warna kuning kecoklatan, balik-balik sebenar. Angkat dan tiriskan jika sudah matang.
- Taruh pisang molen yang sudah matang di piring saji.

Pisang molen isi keju siap untuk disantap! (YG)

Comment di sini