Cara Mengatasi Jerawat di Masa Puber

by
January 24th, 2014 at 3:21 pm

CiriCara.com – Masa pubertas bagi para remaja membuat mereka harus mengalami penyesuaian. Dengan perubahan hormon yang secara lami terjadi pada diri mereka, maka produksi minyak meningkat dan menyebabkan jerawat bermunculan pada muka.

http://news.liputan6.com/read/468262/jerawat-di-masa-puber-dan-cara-mengatasinya

Cara mengatasi jerawat di masa puber / Ist.

Umumnya para remaja tidak terlalu memperhatikan masalah ini dan justru membuat kondisi jerawat mereka semakin parah.

Nah, bagi Anda para remaja ternyata tak sulit untuk menghilangkan jerawat pada masa pubertas ini. Simak tips berikut untuk keterangan yang lebih jelas:

1. Jangan menyentuh jerawat

Jerawat memang kadang membuat kulit terasa gatal dan sakit namun jangan terlalu sering menyentuhnya. Menyentuh jerawat justru akan membuat jerawat menjadi iritasi dan bengkak serta memicu timbulnya jerawat yang lain.

2. Jangan sering membersihkan wajah

Salah satu langkah yang harus kamu lakukan saat membersihkan wajah adalah dengan menggosok jerawat. Dengan seringnya Anda menggosok jerawat maka luka pada jerawat Anda akan menjadi semakin parah dan bisa memicu timbulnya jerawat yang lain.

3. Jangan memakai sabun yang mengandung scrub

Sabun pembersih jerawat yang sering dijual di pasaran kebanyakan mengandung scrub. Scrub sendiri adalah butiran kasar yang secara langsung akan menyentuh jerawat. Langkah ini tentunya tidak membuat jerawat berkurang namun justru semakin parah. Karenanya pilih sabun lembut yang tidak mengandung scrub.

Untuk lebih amannya, Anda bisa memakai sabun bayi karena sabun ini terbuat dari bahan yang lembut dan tidak akan melukai kulit Anda. Cuci wajah Anda maksimal dua kali sehari.

4. Minum air putih

Air putih terbukti berkhasiat bagi kulit. Dengan rutin mengonsumsi air putih setiap hari maka kulit kita akan terlihat lebih cerah dan lembab.

Itulah keempat cara mudah untuk membuat kulit bebas jerawat selama masa pubertas. Dengan keempat langkah mudah tersebut wajah akan terhindar dari jerawat. (RN)

Comment di sini