Cara Pintar Memilih Mobil Hemat Bahan Bakar

by
January 24th, 2014 at 2:16 pm

CiriCara.com – Wah harga bahan bakar naik lagi, sedangkan Anda berencana untuk membeli mobil atau mengganti mobil. Lalu bagaimana jalan keluarnya?

Cara memilih mobil hemat bahan baka

Cara memilih mobil hemat bahan bakar / Ist.

Akan lebih baik Anda melakukan penelitian kecil untuk kualitas, kemampuan, spesifikasi dan harga mobil yang Anda rencanakan beli.

Lebih baik ada waktu yang cukup lama untuk mempelajari mobil impian Anda sebelum Anda membelinya, daripada langsung membeli karena hanya menginginkannya atau sesuai dengan impian Anda.

Sebelum Anda melakukan penelitian kecil, ada baiknya Anda membaca dahulu tulisan ini, untuk menjadi panduan bagi Anda. Yuk disimak bersama-sama.

1. Memilih mobil keluaran terbaru akan lebih baik dari mobil yang dikeluarkan bertahun-tahun yang lalu atau mobil antik.

Mobil antik tidak dapat dipungkiri memang menjadi idaman atau impian bagi sebagian banyak orang, terutama para pecinta mobil antik. Biasanya dikarenakan sejarah mobil yang istimewa seperti pernah dipakai di suatu film atau peristiwa sejarah, bentuknya yang unik atau sudah tidak ada lagi di pasaran alias langka.

Namun perlu Anda ketahui bahwa mobil keluaran lama lebih boros bahan bakar. Hal ini dikarenakan pada mobil keluaran terbaru merupakan hasil dari teknologi mobil yang dikembangkan secara rutin dan diadaptasi dengan perubahan atau isu yang ada di masyarakat.

Misalnya isu teknologi ramah lingkungan merupakan isu yang menjadi pembahasan hangat di negara-negara di dunia, maka perusahaan mobil pun akan ikut berpartisipasi dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan tersebut. Dan jika perusahaan tidak ikut berpartisipasi maka perusahaan dapat di kucilkan bahkan produk mobilnya tidak laku dalam penjualan mobil.

2. Mobil berukuran kecil lebih hemat bahan bakar.

Memiliki mobil berukuran besar memang memudahkan kita untuk membawa barang apapun yang diperlukan dibawa. Selain itu mobil berukuran besar juga memuat penumpang banyak, jadi bisa membawa sanak keluarga, saudara atau teman yang akan ikut menumpang.

Namun perlu disadari bahwa mobil berukuran besar maka semakin besar juga konsumsi kapasitas mesin dan bahan bakar. Karena itu apabila anggota keluarga memang tidak banyak jumlahnya, disarankan Anda memilih mobil yang berukuran kecil. Kecuali Anda memang menginginkan mobil Anda dapat memuat banyak atau berencana disewakan untuk rombongan atau orang banyak.

Baca jugaPilih Mobil Bekas atau Mobil Murah?

3. Mobil bertransmisi manual lebih hemat daripada bertransmisi otomatis.

Sekarang ini memang mobil bertransmisi otomatis memang lebih nyaman dan mudah dipakai oleh siapapun. Namun ternyata, mobil bertransmisi otomatis lebih boros dibandingkan transmisi manual. Apabila memang Anda lebih memilih mobil bertransmisi otomatis, maka pilihlah mobil yang memiliki gigi banyak atau 5 percepatan lebih hemat daripada 4 atau 3 percepatan.

4. Mobil dengan penggerak 4 roda atau semua roda lebih boros dibandingkan dengan 2 roda.

Disadari memang mobil dengan penggerak 4 roda (sering disingkat 4WD) atau AWD akan membuat jalan mobil lebih cepat. Tapi ternyata malah membuat boros bahan bakar.

5. Fitur mobil lebih banyak akan lebih boros bahan bakar

Mobil Hemat Bahan Bakar / Ist.

Mobil Hemat Bahan Bakar / Ist.

Sering kita saat membeli mobil ingin menambah atau mendapatkan fitur mobil yang lengkap baik interior atau eksterior. Misalnya kita ingin ada fasilitas alarm, AC, audio TV, rak atap didalam mobil atau tanduk untuk menahan benturan di eksterior mobil.

Tidak kita sadari bahwa fitur tersebut akan menambah bobot mobil, dan akhirnya membuat boros bahan bakar.

6. Mobil berjenis sedan atau SUV lebih hemat bahan bakar dibandingkan jenis lainnya

Di poin terakhir ini, biasanya kita akan memilih untuk mengindahkan karena berbagai alasan. Misalnya alasan banjir. Tempat tinggal yang sering terkena banjir membuat kita lebih memilih mobil dengan ketinggian yang cukup untuk menerjang banjir seperti jeep.

Tapi lagi-lagi, mobil semacam itu lebih boros bahan bakar. Untuk mobil jenis sedan atau SUV, hanya menghabiskan konsumsi bahan bakar dibawah 9 liter per 100 km perjalanan. Namun apabila Anda memang memerlukan jenis kendaraan untuk off-road atau perjalanan ke daerah-daerah yang medannya tidak mudah, harus sudah siap dengan konsumsi bahan bakar yang cukup banyak.

Jadi, bagaimana? Sudah menentukan pilihan Anda? Apapun pilihan Anda, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan lingkungan yang berubah.

Misalnya jika memang Anda tinggal di wilayah yang jalannya masih berbatu atau becek dan sering banjir, tidak salah bila Anda pun memilih mobil yang sesuai. Atau jika memang Anda penggemar mobil antik atau ingin memiliki sebuah mobil lama yang bentuknya unik, Anda bisa modifikasi pada mesin sehingga sesuai dengan teknologi yang ramah lingkungan.  Semua pilihan ada pada Anda.

Comment di sini