Cegah Pelecehan Seksual di Busway, Ini Solusi Jokowi

by
January 24th, 2014 at 3:34 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kasus pelecehan seksual yang sering terjadi di busway atau bus transjakarta membuat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi prihatin. Jokowi pun berharap agar kasus serupa tidak akan terjadi lagi ke depannya.

joko widodo

Jokowi lihat bus transjakarta – Ist

Untuk mencegah kasus pelecehan seksual, Jokowi pun berencana untuk menambah armada busway agar penumpang tidak perlu berdesak-desakan lagi. Pasalnya, pelecehan sering terjadi di saat kondisi bus sedang penuh.

“Cara yang paling betul adalah busnya diperbanyak supaya yang naik bus tak desak-desakan. Kalau begitu masih ada pelecehan, berarti itu penyakit. Urusannya sudah ke polisi itu,” kata Jokowi, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (24/1/2014).

Baca juga: Bus Tingkat yang Ditumpangi Jokowi Tabrak Kabel.

Jokowi pun kembali mengingatkan agar semua penumpang beserta petugas transjakarta bisa saling menjaga. Jokowi meminta Kepala Unit Pelaksana (UP) Transjakarta untuk langsung memecat petugas jika terbukti melakukan pelecehan.

“Sebetulnya sudah ada sopir, kondektur, yang jaga ada. Maka itu, harus masing-masing menjagalah,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Selasa (21/1/2014), empat petugas transjakarta berinisial AKI (26), ED (26), IVE (28), dan DR (27) dilaporkan ke polisi karena diduga melakukan pelecehan terhadap seorang wanita berinisial YF. Kasus ini sudah ditangani pihak kepolisian Jakarta Pusat.

Menurut Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Tatan Dirsan Atmaja mengatakan bahwa kasus pelecehan terjadi di Halte Harmoni. Saat itu YF pingsan karena penyakit asma.

“ED, salah satu pelaku, membawa korban ke ruang genset yang ada di belakang halte. Tidak lama, AKI, IVE, dan DR menyusul ke tempat itu (ruang genset),” kata Tatan.

Bukannya menolong, keempat petugas busway itu malah mencabuli YF yang saat itu mengenakan celana pendek dan kaus tipis berwarna merah. Tidak berselang lama, YF pun sadar dan langsung berteriak hingga petugas polisi yang ada di sekitar lokasi pun langsung menangkap pelaku.

(YG)

Comment di sini