Foto: Aksi Heroik Seorang Polisi Terjang Banjir Manado

by
January 24th, 2014 at 4:42 pm

Manado (CiriCara.com) – Baru-baru ini marak beredar foto seorang polisi yang terlihat tengah menerjang banjir besar di Manado untuk menyelamatkan warga. Foto heroik tersebut beredar luas dari ponsel ke ponsel melalui layanan pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM).

iptu eko baskara heroik

Iptu Eko Baskara terjang banjir – detik.com/warga

Seperti diberitakan detik.com, oknum polisi tersebut ternyata adalah Iptu Eko Baskara S, Kanit Lantas Polsek Wenang. Pria lulusan Akpol tahun 2008 ini tidak sadar aksi heorik-nya menerjang banjir ternyata sempat diabadikan oleh warga.

Eko terkejut foto dirinya bisa beredar luas. Ia pun menjelaskan bahwa aksi heroik-nya itu tidak dilakukan seorang diri. Menurutnya, ada anggota polisi dan juga TNI yang ikut sama-sama membantu korban banjir di Manado.

“Waduh, padahal banyak juga anggota lain dari kepolisian dan TNI yang sama-sama terjun menyelamatkan warga,” kata Eko kepada detik.com, Jumat (24/1/2014).

Saat itu, Eko memutuskan untuk terjun langsung melawan banjir guna menyelamatkan warga yang mulai panik. Pasalnya, saat itu ketinggian air sudah mulai naik dan sejumlah warga masih ada yang belum mengungsi.

“Yang terpikir yang harus diselamatkan lebih dulu adalah anak-anak dan wanita karena mereka lemah,” kata Eko yang juga merupakan mantan Kanit Lantas Polsek Bitung Barat.

Eko juga menuturkan bahwa dirinya dibantu oleh seorang anggota TNI berpangkat kapten. Keduanya bersama warga lainnya bahu-membahu untuk mengarahkan korban banjir ke tempat yang lebih aman.

“Intinya, selain panggilan tugas, rasa kemanusiaanlah yang membuat saya terpanggil memberikan pertolongan,” ungkap pria berkaca mata minus itu, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (24/1/2014).

Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir dan longsor yang terjadi di Manado, Rabu (15/1/2014), mengakibatkan 19 korban meninggal. Sejumlah rumah warga juga rusak akibat terjangan banjir.

(YG)

Comment di sini