7 Fakta Unik Tentang Piala Dunia

by
January 27th, 2014 at 10:30 am

CiriCara.com – Piala Dunia Brasil 2014 sudah didepan mata, tepatnya pada Juni 2014 nanti akan digelar di negara di kawasan Amerika Selatan, Brasil. Negara ini sendiri telah tercatat dalam sejarah persepakbolaan dunia sebagai negara yang menjadi juara terbanyak (5 kali) dalam pertandingan yang terkenal melebihi pesta olahraga tersebut.

Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 / Ist.

Pertama kali Brasil berhasil menjuarai Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA) yaitu di tahun 1958. Kemudian kembali menjadi juara di tahun 1962, 1970, 1994, dan terakhir di tahun 2002.

Pada kemenangan di tahun 1970, Piala Dunia yang bernama Jules Rimet pun diserahkan selamanya pada Brasil karena sudah menjadi tiga kali menjadi juara. Sayangnya Piala yang pernah dipajang di Kantor Federasi Sepakbola Brasil di Rio de Janeiro ini hilang pada tahun 1983 dan tidak diketahui keberadaannya sampai kini.

Berbicara tentang Piala Dunia, banyak fakta menarik mengenai Piala Dunia. Baik dari permainannya, sejarahnya dan lain-lainnya, seputar Piala Dunia. Namun untuk kali ini akan ditampilkan hanya tujuh yang benar-benar unik. Apa saja fakta unik tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

1. Perancis, negara asal perintis Piala Dunia yang hanya menjadi juara sebanyak satu kali sepanjang sejarah Piala Dunia.

Memang fakta yang menyedihkan sekaligus mengkhawatirkan sebetulnya bagi persepakbolaan Perancis. Karena Piala Dunia awalnya digagas oleh Jules Rimet yang berkebangsaan Perancis. Jules Rimet juga yang banyak menerapkan aturan-aturan baru dalam pertandingan Piala Dunia, selama menjabat sebagai presiden FIFA di tahun 1921 – 1954.

Bahkan Piala-nya dinamakan seperti nama penggagas dan pertama kali dibuat oleh perupa Perancis bernama Abel Lafteur. Namun kenyataannya, selama berpartisipasi dalam final Piala Dunia, Perancis hanya mampu menjadi juara sebanyak satu kali yaitu pada tahun 1998. Itu pun diselenggarakan di negaranya!

 2. Belanda, negara yang terkenal dengan teknik total football, belum pernah menjadi juara Piala Dunia.

Senada dengan Perancis, salah satu negara yang juga kondisi persepakbolaannya mengkhawatirkan karena tidak pernah menjadi juara di Piala Dunia yaitu Belanda. Padahal, tim sepakbola negara ini dikenal menerapkan teknik yang disebut Total Football, dengan pemain sepakbolanya yang terkenal Johan Cruff, dan dipuji banyak orang sebagai tim yang menampilkan permainan sepakbola sesungguhnya.

Bahkan kompetisi kejuaraan sepakbola dalam negerinya juga sangat kompetitif dan mampu bersaing dengan klub sepakbola dari negara lain. Tapi anehnya, negara ini tidak pernah menjadi juara. Hm, kenapa ya?

3. Inggris dan Spanyol, negara juara Piala Dunia satu kali yang memiliki klub sepakbola terkenal di dunia.

Kalau bicara tentang klub sepakbola di Eropa, nama-nama seperti Manchester United, Liverpool, Barcelona atau Real Madrid, menjadi pembicaraan dimana-mana. Bahkan banyak penggemar dari klub-klub tersebut tersebar di seluruh dunia. Namun faktanya, klub sepakbola nya terkenal di dunia belum tentu tim sepakbola negara asal klub tersebut bisa menjadi juara berkali-kali. Seperti yang dialami oleh Inggris dan Spanyol.

Inggris, negara yang disebut sebagai negara sepakbola di Eropa, selain Italia dan Spanyol, ternyata hanya mampu menjadi juara Piala Dunia pada tahun 1966, saat menjadi tuan rumah. Sedangkan Spanyol, hanya mampu menjadi juara pada tahun 2010 lalu di Afrika Selatan. Sementara Italia, negara yang dikenal dengan klub sepakbola terkenal didunia seperti Inter Milan atau AC Milan, masih lebih beruntung dengan menjadi juara dunia sebanyak 4 kali.

Baca juga7 Pemain Bintang yang Gagal Berlaga di Piala Dunia 2014

4. Pencetak gol tercepat dalam sejarah Piala Dunia bukanlah tim negara juara.

Kejuaraan sepakbola Piala Dunia dikenal menampilkan tim-tim unggulan, karena sudah memenangi pertandingan pra Piala Dunia sebelumnya. Dan kebanyakan tim-tim unggulan tersebut merupakan negara yang sudah memenangi Piala Dunia sebelumnya seperti Brazil, Jerman, Italia, Argentina dan lainnya.

Tapi, sejarah mencatat bahwa pemain yang menjadi pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia, bukan berasal dari tim unggulan ataupun negara yang pernah juara. Tahukah siapa nama pemain tersebut? Ya, Hakan Sukur. Pemain asal Turki ini tercatat mencetak gol dalam waktu 11 detik saja, dalam kejuaraan Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang!

5. Maskot Piala Dunia lebih sering menampilkan figur jantan, laki-laki atau anak laki-laki.

Tak dapat dipungkiri memang sepakbola akhirnya menjadi olahraga yang identik dengan gender tertentu, yaitu laki-laki. Mungkin karena sepakbola dianggap mewakili kejantanan gender tersebut. Padahal perkembangan sepakbola perempuan juga tidak kalah maju dengan sepakbola laki-laki.

Namun kenyataannya, maskot yang dibuat untuk Piala Dunia seringnya menampilkan figur atau sosok jantan, laki-laki atau anak laki-laki. Maskot Piala Dunia ini mulai diperkenalkan pada PIala Dunia 1966 di Inggris yang menampilkan hewan simbol kerajaan Inggris, Singa. Meskipun maskot ini berbentuk hewan, namun maskot ini ditampilkan sebagai hewan jantan.

Piala Dunia 2014 / Ist.

Piala Dunia 2014 / Ist.

Sama halnya dengan maskot Piala Dunia 1998 di Perancis, Footix, unggas khas Perancis atau macan tutul dengan rambut hijau, Zakumi di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sedangkan penggunaan figur anak laki-laki sebagai maskot muncul pada Piala Dunia 1970 di Meksiko (Juanito), 1974 di Jerman barat (Tip and Tap) dan 1978 di Argentina (Gauchito). Maskot yang tanpa gender kelihatan pada maskot Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, yaitu mahluk ciptaan komputer Ato, Kaz dan Nik (The Spheriks), namun tetap saja menampilkan segi maskulinnya.

6. Indonesia, negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia.

Semua orang pecinta sepakbola tahu bahwa negara Asia yang pertama kali masuk ke Piala Dunia yaitu Korea Selatan, bahkan negara Ginseng ini sempat masuk semifinal. Tapi sejarah mencatat bukanlah Jepang yang menjadi negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia. Indonesia-lah yang menjadi negara Asia pertama. Kok bisa? Iya, ketika Indonesia masih bernama Hindia-Belanda, klub sepakbola negara ini pernah masuk sebagai peserta kejuaraan Piala Dunia di tahun 1938. Tidak disangka ya?

7. Adidas, merek resmi Piala Dunia.   

Didalam setiap pertandingan olahraga tentunya tidak dapat dihindari pemakaian sponsor atau merek-merek tertentu untuk mendukung penyelenggaraan pertandingan. Tapi tercatat dalam sejarah, Adidas merupakan merek resmi Piala Dunia sejak 1970-an. Tepatnya pada Piala Dunia 1982, diperkenalkan penghargaan untuk pencetak gol terbanyak. Hadiah dari pemain yang mendapat gelar pencetak gol terbanyak yaitu sepatu emas dari Adidas. Tidak hanya itu, Adidas juga menyiapkan sepatu perak dan perunggu untuk pemain yang mencetak gol terbanyak kedua dan ketiga.

Nah itulah 7 fakta unik tentang Piala Dunia. Semoga menjadi pengetahuan baru buat kamu para penggemar sepakbola. Kamu punya fakta unik lainnya?

Baca juga5 Alasan Kenapa Wajib Nonton Piala Dunia 2014 Brasil

Comment di sini