Cara Berlindung yang Tepat Saat Mendadak Gempa Bumi

by
January 27th, 2014 at 11:48 am

CiriCara.com – Gempa bumi kembali menerjang kawasan selatan Pulau Jawa tepatnya di selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gempa bumi ini terasa sampai ke seluruh Jawa termasuk Jakarta.

Cara berlindung dari gempa bumi / Ist.

Cara berlindung dari gempa bumi / Ist.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter ini terjadi pada hari Sabtu, 25 Januari 2014 kemarin dan menyebabkan warga di kawasan selatan Jawa berhamburan ke luar rumah. Gempa tersebut sempat diikuti oleh beberapa gempa susulan denngan kekuatan sekitar 3 SR sampai 6,5 SR.

Potensi gempa berkekuatan serupa masih mengancam pulau Jawa. Untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum gempa datang menyerang. Caranya? Simak tips yang dilansir dari Detik.com di bawah ini:

1. Berlindung di bawah meja

Meja adalah salah satu tempat teraman di rumah saat gempa melanda. Saat getaran gempa mulai terasa dan Anda tidak bisa berlari keluar, maka berlindunglah di bawah meja karena meja bisa menghindarkan tubuh Anda dari reruntuhan gempa saat gempa berlangsung.

2. Jangan berdiri di samping benda yang berat

Jika Anda tidak sempat pergi ke bawah meja, maka jangan sampai Anda berdiri di dekat benda yang tinggi dan berat seperti lemari. Berdirilah di samping pintu atau berpeganganlah erat-erat pada tembok yang besar.

3. Jangan cepat-cepat keluar

Sebaiknya Anda tidak harus panik dan segera mengambil langkah cepat untuk keluar dari gedung atau rumah karena hal ini bisa sangat berbahaya karena Anda bisa terjepit, sesak nafas, dan terkena reruntuhan benda yang jatuh akibat gempa. Sebaiknya, tidak panik dan menunggu waktu yang tepat untuk keluar ruangan.

4. Lindungi wajah Anda

Gempa bumi

Gempa bumi / Ist.

Jika Anda berada di gedung yang memiliki banyak jendela atau kaca maka Anda harus melindungi wajah Anda dari serpihan kaca yang mungkin beterbangan saat gempa terjadi.

5. Jangan berada di dapur

Dapur memiliki banyak sekali benda-benda tajam dan barang-barang elektronik seperti pisau, kompor, dan lainnya. Gempa yang mendadak tentu membuat Anda tidak sempat menyimpan peralatan tersebut di tempat yang aman atau mematikan peralatan elektronik di sana.

6. Hindari lift

Ketika gempa melanda dan Anda masih berada di gedung, jangan mencoba turun keluar gedung dengan menggunakan lift. Saat gempa terjadi, lift tersebut bisa jadi tidak beroperasi dan justru membahayakan nyawa Anda. Lebih baik gunakan tangga darurat untuk keluar dari gedung. (RN)

Comment di sini