Cara Kelola Keuangan Untuk Masa Depan Sukses

by
January 27th, 2014 at 2:10 pm

CiriCara.com – Kesuksesan bisa diraih jika didukung pengelolaan keuangan yang baik juga. Karenanya, Anda sangat perlu mengetahui cara mengatur keuangan yang benar. Jangan sampai uang Anda habis sia-sia tanpa tersisa sedikit pun.

kelola keuangan

Mengelola keuangan – Ist

Keuangan yang tidak dikelola dengan tepat bisa membuat Anda jadi bangkrut. Apalagi jika Anda sudah tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan lagi. Untuk itu, kelola uang Anda dengan baik dan tepat agar bisa berguna untuk masa depan nanti.

Mempersiapkan dana untuk kehidupan masa depan memang diperlukan. Berikut ada beberapa cara mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan demi masa depan yang lebih sukses.

1. Investasi tanah/rumah

Selain ditabung, Anda juga bisa mengalokasikan uang Anda untuk membeli tanah atau rumah. Agar tidak merugi, pilih tanah/rumah yang letaknya strategis dan bebas bencana. Investasi tanah/rumah ini umumnya selalu mengalami peningkatan. Namun, tentunya modal yang dibutuhkan pun tidak sedikit.

2. Berwirausaha

Saat masih bekerja, Anda bisa mengumpulkan sebagian dari hasil gaji untuk modal usaha. Anda bisa berwirausaha dengan modal tersebut. Jadi, selain mendapatkan gaji, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari wirausaha tersebut. Wirausaha ini juga bisa menjadi profesi Anda di masa depan setelah berhenti kerja atau di-PHK.

wanita bijak atur uang

Gunakan uang dengan bijak – Ist

3. Gaya hidup seimbang

Cobalah untuk menyeimbangkan pengeluaran dengan penghasilan Anda. Bila memungkinkan, pengeluaran harus lebih kecil dari penghasilan. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari gaya hidup boros. Dengan demikian akan ada sisa uang yang bisa Anda tabung untuk keperluan masa depan nanti.

4. Siapkan dana darurat

Agar tidak terjebak hutang di mana-mana, Anda sebaiknya mempunyai dana darurat. Dana tersebut bisa dikumpulkan melalui tabungan ataupun asuransi yang bisa dicairkan kapan saja. Dana darurat ini biasanya digunakan untuk keperluan mendesak, misalnya masalah kesehatan, kecelakaan, dan juga biaya hidup saat di-PHK tiba-tiba.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat mengelola keuangan Anda. Jangan hamburkan uang Anda untuk hal yang tidak dibutuhkan. Lebih baik tabung uang Anda untuk persiapan masa depan.

(YG)

Comment di sini