Jangan Makan 9 Makanan Lezat Ini Saat Hamil

by
January 27th, 2014 at 10:02 am

CiriCara.com – Wanita yang sedang hamil memang harus ekstra waspada terhadap setiap makanan yang dikonsumsi serta aktivitas yang sedang dilakukan. Kendala utama yang dihadapi para wanita hamil adalah setiap makanan yang masuk ke dalam perut mereka.

Makanan terlarang bagi ibu hamil

Makanan terlarang bagi ibu hamil / Ist.

Mau tidak mau, ibu hamil harus menghindari beberapa makanan lezat demi menjaga kesehatan janin yang mereka kandung. Beberapa makanan yang harus dihindari para ibu hamil antara lain:

1. Vitamin A

Vitamin A memang sangat bagus untuk mata dan kulit, namun tentunya sangat tidak baik jika dikonsumsi berlebihan terutama saat sedang hamil.

Vitamin A yang terlalu banyak dapat membuat kandungan menjadi rusak. Menurut penelitian, seorang ibu hamil berumur 19 tahun ke atas harus mendapat asupan vitamin A sebesar 2565 IU per harinya.

Makanan seperti hati ayam seberat 3 ons sudah mengandung 12,325 IU, sementara ada sekitar 27,185 IU vitamin A pada hati sapi. Oleh karenaya wanita hamil dilarang mengonsumsi tambahan vitamin A lagi.

2. Kopi

Berdasarkan penelitian, kopi bisa memperkuat plasenta dan meningkatkan detak jantung bayi. Namun di balik itu semua ternyata kopi bisa meningkatkan resiko keguguran. Terlalu banyak kafein akan mengurangi cairan dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi dan hilangnya kandungan kalsium.  Karena itu, kurangi konsumsi kafein pada trimester pertama. Minum paling banyak 2 gelas kopi sehari.

3. Alkohol

Alkohol memang memabukkan bagi sebagian besar orang. Minuman ini juga tidak aman dikonsumsi saat sedang hamil. Alkohol bisa meningkatkan resiko keguguran dan bayi prematur.

Selain itu, alkohol bisa merusak pertumbuhan otak bayi dan menyebabkan kondisi lainnya yang tidak diinginkan seperti cacat pada wajah, berat badan yang rendah, kerusakan jantung, dan keterbelakangan mental.

4. Daging setengah matang

Daging-dagingan setengah matang juga harus dihindari oleh ibu hamil. Daging seperti ini diduga terkontaminasi oleh bakteri dan salmonella. Di samping itu, makanan setengah matang seperti ini juga mengandung listeria yang bisa memicu terjadinya keguguran.

Baca jugaJangan Makan 4 Buah Ini Saat Hamil

Comment di sini