5 Stadion Piala Dunia 2014 yang Ramah Lingkungan

by
January 28th, 2014 at 10:05 am

CiriCara.com – Persoalan lingkungan memang merupakan isu utama didalam setiap penyelenggaraan event dunia. Terutama sejak pemanasan global dan perubahan iklim di munculkan beberapa tahun yang lalu. Tentunya persoalan lingkungan juga tidak terlepas dari keberadaan hutan hujan tropis yang tersisa dibumi kita ini.

Brasil, merupakan salah satu negara di dunia yang masih memiliki hutan hujan tropis dalam kondisi bagus dan luas. Karena itu ketika negara ini terpilih sebagai negara penyelenggara Piala Dunia 2014, persoalan lingkungan pun tidak dapat dipisahkan. Apalagi negara ini beberapa kali menjadi tuan rumah bagi konferensi lingkungan.

Untuk menanggapi persoalan lingkungan yang akan terjadi dikarenakan penyelenggaraan kegiatan olahraga tingkat dunia seperti Piala Dunia, maka pemerintah Brasil pun membangun stadion ataupun merenovasi stadion yang ada agar lebih ramah lingkungan. Berikut ini stadion-stadion tersebut. Yuk kita simak sama-sama:

1. Estádio Nacional de Brasilia

Estádio Nacional de Brasilia

Estádio Nacional de Brasilia / Ist.

Stadion pertama yang ramah lingkungan ini berlokasi di kota Brasilia, dibangun dari reruntuhan stadion Estádio Nacional Brasilia Mané Garrincha yang didirikan pada tahun 1974. Stadion berkapasitas 70.042 orang ini resmi dibuka kembali pada tahun 2013 lalu. Stadion milik Departemen Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Distrik Federal Brasilia, merupakan bagian dari kompleks olahraga Ayrton Senna, dengan fasilitas sepakbola dan atletik.

2. Arena Pernambucosar

Arena Pernambucosar

Arena Pernambucosar / Ist.

Stadion ini dikenal juga dengan nama Arena Cidade da Copa, terletak di kota Recife. Dibuka pada tahun 2003, stadion berkapasitas 46.154 orang yang memiliki fasilitas restoran, pusat perbelanjaan dan kampus universitas, memiliki pembangkit listrik tenaga matahari untuk menerangi stadionnya. Tenaga listrik tenaga matahari yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan listrik sekitar 6.000 rumah warga jika sedang digunakan.

3. Arena Pantanal

Arena Pantanal

Arena Pantanal / Ist.

Berlokasi di kota Cuiaba, kota yang terletak tepat di tengah benua Amerika Selatan, stadion ini dibangun menggantikan Estádio Jose Fragelli. Stadion berkapasitas 42.968 orang ini memiliki julukan “O Verdão” (Si Hijau Besar), karena dikelilingi tumbuhan dan satwa liar yang hidup di rawa Pantanal. Karena memang ramah lingkungan, maka di setiap pojok stadion ada pepohonan yang didirikan. Kemudian kayu yang dipakai untuk pembangunan stadion merupakan kayu dari pemasok kayu yang sudah bersertifikat, sehingga aman dan legal untuk digunakan. Kualitas udara dan tanah serta pengolahan daur ulang sampah juga diawasi dan diatur dengan ketat.

4. Estádio Mineiräo

Estádio Mineiräo

Estádio Mineiräo / Ist.

Nama resmi dari stadion yang berlokasi di Belo Horizante ini yaitu Estádio Governor Magalhães Pinto. Stadion berkapasitas 62.547 yang didirikan pada 1965 atas prakarsa Magalhães Pinto ini kemudian direnovasi untuk kebutuhan Piala Dunia 2014. Estádio Mineiräo dimasukkan sebagai stadion yang ramah lingkungan dikarenakan stadion ini dapat menampung dan menggunakan kembali 6.270.000 liter air hujan.

5. Arena Amazônia

Arena Amazônia

Arena Amazônia

Satu-satunya stadion yang berlokasi di jantung hutan hujan tropis dan sungai Amazon yaitu Manaus, sebuah kota di barat laut Brasil. Stadion berkapasitas 42.374 orang ini memiliki disain bangunan dengan bentuk anyaman. Bentuk Anyaman ini diinspirasi dari keranjang anyaman, kerajinan khas daerah tersebut yang banyak di ekspor.

Stadion ini menggunakan air hujan yang ditampung dan digunakan kembali untuk toilet dan mengairi lapangan. Sinar matahari juga digunakan sebagai sumber daya listrik stadion. Setelah penyelenggaraan Piala Dunia 2014 selesai, rencananya Stadion akan digunakan sebagai arena konser dan budaya, sebagai salah satu daya tarik wisata.

Tentunya 7 stadion lain yang akan digunakan pada Piala Dunia 2014 tetap akan mempertimbangkan persoalan lingkungan ketika membangun atau merenovasinya. Namun kelima stadion inilah yang memang sudah pasti ramah lingkungan. Jadi, tertarik mengunjunginya?

Comment di sini