Cara Mudah Mengupas Kulit Udang

by
January 28th, 2014 at 3:55 pm

CiriCara.com – Udang adalah salah satu makanan yang sangat diminati oleh para pecinta seafood. Namun bagi ibu rumah tangga, udang menjadi bahan makanan yang paling menyebalkan. Pasalnya, untuk mengupas kulit udang itu tidak mudah.

udang kupas

Udang bersih dari kulit – Ist

Mengupas kulit udang menjadi tahap yang paling sulit saat akan membuat masakan dari olahan udang. Terkadang, tangan Anda pun bisa saja terluka oleh duri-duri kecil yang ada di kepala udang. Karenanya, Anda harus berhati-hati.

Baca juga: Cara Membuat Udang Goreng Mentega.

Sebenarnya Anda bisa saja mengolah udang tanpa mengupas kulitnya, tapi hal ini bisa membuat rasa udang jadi kurang enak. Berikut ada beberapa cara atau trik mengupas kulit udang dengan mudah. Simak baik-baik ya!

1. Pilih udang segar

Saat akan membeli udang, pilihlah udang yang masih segar dan ukurannya besar-besar agar mudah dikupas. Cari udang yang kepalanya masih utuh (belum putus) dan berwarna cerah mengkilap.

2. Tekan bagian kepala udang

kepala udang

Patahkan kepala udang – Pamasa Boga

Patahkan kepala udang dengan cara menekannya dari bawa ke atas, tapi jangan sampai putus dari badannya. Tujuannya agar Anda mudah mengupas kulit di tubuh udang sampai keekor.

3. Buka kulit udang

trik mengupas udang

Buka kulit punggung udang – Pamasa Boga

Anda bisa mulai mengupas kulit udang dengan cara membukanya terlebih dulu. Caranya, letakkan kedua jari telunjuk di ruas punggung udang bagian tengah. Tarik berlawanan arah sampai kulitnya terbuka.

4. Tarik kulit sampai terlepas

cara mengupas udang

Tarik kulit sampai terlepas – Pamasa Boga

Setelah terbuka, sekarang tarik kulit punggung udang hingga terlepas dari dagingnya. Lakukan secara perlahan agar daging udang tidak rusak.

5. Bersihkan ekor

trik kupas udang

Cara bersihkan ekor udang – Pamasa Boga

Bagian ekor udang biasanya terpisah dari bagian kulit. Untuk membuang cangkang (kulit) ekor, Anda bisa melakukannya dengan cara, jepit bagian ekor dengan jari telunjuk dan jepol. Tarik perlahan sampai kulitnya terlepas.

Itulah beberapa cara agar Anda mudah mengupas kulit udang. Nah, mudah bukan?

(YG)

Comment di sini