Cara Membuat Kue Pancong

by
January 29th, 2014 at 4:05 pm

CiriCara.com – Kue pancong adalah salah satu jajanan tradisional yang banyak disuka karena rasanya yang manis. Kue pancong juga mempunyai tekstur yang empuk dan lembut, tak heran banyak anak-anak yang menyukai kue ini.

kue pancong enak

Kue Pancong – Ist

Kue pancong ini memang bentuknya mirip dengan kue rangi. Namun, dari segi tekstur sangat berbeda karena kue pancong dibuat dari tepung terigu, sementara kue rangi dibuat dengan bahan dasar tepung sagu dan juga kelapa parut.

Kue pancong biasanya disajikan dengan taburan meses ceres di atasnya. Paling cocok disantap selagi masih hangat. Bagi Anda yang ingin belajar cara membuat kue pancong, berikut ada panduan serta resep lengkapnya.

Resep Membuat Kue Pancong

Bahan:
- 3 butir telur
- 100 gram gula pasir
- ½ sdt garam
- 200 gr tepung terigu
- 1 sdt baking powder
- 25 ml santan kental
- 125 ml air soda tawar
- 2 sdm margarin, lelehkan
- Meses ceres secukupnya

cetakan kue pancong

Pembuatan kue pancong di cetakan – Ist

Cara membuat:
- Kocok telur, gula, dan garam sampai adonan mengembang. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak kocok adonan secara perlahan. Tambahkan santan dan air soda tawar, kocok sampai tercampur rata.
- Masukkan margarin, kocok rata.
- Panaskan cetakan kue pancong, olesi dengan margarin secara merata. Tuang adonan ke dalam cetakan tadi hingga agak penuh. Taburkan meses ceres di atasnya. Lakukan cara yang sama hingga adonan matang.
- Tutup dan biarkan sampai adonan mengembang dan matang. Angkat.
- Sajikan di atas piring saji.

Kue pancong siap untuk dinikmati. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini