Cara Merencanakan Biaya Pergi Haji

by
January 29th, 2014 at 3:24 pm

CiriCara.com – Semua umat Muslim tentunya berharap bisa melaksanakan ibadah haji. Namun, biaya pergi haji yang tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan sering membuat umat Muslim kesulitan untuk mewujudkan keinginannya itu.

cara merencanakan keuangan

Tips mempersiapkan keuangan – Ist

Selain mempersiapkan diri dengan memperdalam ilmu agama, Anda juga harus mempersiapkan biaya pergi haji mulai dari sekarang. Jangan biarkan rencana ibadah haji Anda gagal hanya karena biaya yang tidak mencukupi.

Mumpung masih muda, tidak ada salahnya Anda mulai mempersiapkan biaya pergi haji mulai dari sekarang. Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan biaya ibadah haji.

1. Perkiraan biaya

Seperti diketahui, biaya ibadah haji hampir selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Agar bisa tahu perkiraan biayanya, Anda sebaiknya tentukan kapan Anda berencana pergi haji. Cari informasi sebanyak mungkin agar Anda bisa tahu perkiraan biayanya.

2. Asuransi haji

Selain asuransi pendidikan dan kesehatan/keselamatan jiwa, beberapa perusahaan asuransi juga sudah ada yang menyediakan asuransi untuk ibadah haji. Pilihlah asuransi haji yang tidak merepot dan tidak berbelit-belit. Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih itu sudah terpercaya.

3. Investasi tanah/rumah

Ketimbang ditabung, investasi tanah/rumah lebih menguntungkan. Hal ini karena nilai investasi tanah ini tidak akan terpengaruh oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar. Bahkan, harga tanah biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Anda bisa menjualnya jika sudah ingin berangkat haji.

keuangan islami

Cara Mengelola Keuangan Keluarga Secara Islami – Ist

4. Tabungan haji

Sejumlah bank sudah menyediakan tabungan khusus untuk ibadah haji. Nantinya, uang yang sudah disetorkan ke pihak bank tidak akan bisa diambil sebelum saldonya mencukupi untuk ongkos pergi haji. Dengan demikian, uang tabungan haji ini tidak bisa Anda otak-atik.

5. Sisihkan penghasilan

Berapa pun penghasilan Anda, cobalah untuk menyisihkan sedikit demi sedikit buat ongkos naik haji. Pisahkan uang tabungan haji dengan uang tabungan keperluan keluarga. Dengan demikian, biaya untuk perjalanan ibadah haji bisa segera terkumpul.

Agar terhindar dari aksi penipuan, tabung uang ibadah naik haji di tempat yang terpercaya. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini