8 Pantangan Bagi Wanita Hamil

by
January 30th, 2014 at 2:56 pm

CiriCara.com – Kehamilan tentunya hal yang dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat sampai bayi dilahirkan merupakan hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Berikut 8 pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita semasa hamil.

1. Minuman tertentu

Ibu hamil tidak boleh minum kopi / Ist.

Ibu hamil tidak boleh minum kopi / Ist.

Minuman yang mengandung zat tertentu seperti kopi, alkohol, teh herbal dan mengandung pemanis buatan seperti sakarin, dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Khusus kopi, sebetulnya masih diperbolehkan dikonsumsi, terutama bagi pecinta kopi atau ibu hamil yang mengidam minum kopi, tapi hanya 1 cangkir seminggu.

2. Makanan mentah

Makanan terlarang bagi ibu hamil

Makanan terlarang bagi ibu hamil / Ist.

Segala jenis makanan yang mentah atau tidak dimasak secara matang, seperti telur mentah atau setengah matang, sashimi, sushi, makanan olahan seperti dressing salad dan mayonnaise segar, serta lalapan, disarankan untuk tidak dikonsumsi selama kehamilan.

Hal ini dikarenakan oleh makanan mentah yang dikonsumsi, dapat mengandung bakteri dan parasit seperti toxoplasma, listeria monocytogenes atau salmonella.  Selain makanan mentah, makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan berpotensi mengandung polutan seperti ikan laut berukuran besar dan berusia tua, misalnya ikan hiu disarankan tidak dikonsumsi. Makanan laut yang diasap juga tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

3. Makanan asam dan pedas

Makanan pedas / Ist.

Makanan pedas / Ist.

Pada masa ngidam, perempuan hamil memang sering menginginkan makanan yang asam atau pedas, seperti rujak, asinan atau acar. Namun, ketika rasa ngidam sudah berakhir, sebaiknya hindari makanan yang asam dan pedas ini, terutama bagi ibu hamil penderita penyakit maag atau asam lambung , serta yang menderita typhus pada saat hamil.

4. Pijat

Pijat ibu hamil / Ist.

Pijat ibu hamil / Ist.

Pijat, merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia ketika lelah mendera. Namun bagi ibu hamil, tidak disarankan untuk melakukan pijat kecuali pijat kehamilan, dan dilakukan oleh tenaga ahli, berpengalaman serta bersertifikat secara legal.

Baca juga: Jangan Makan 9 Makanan Lezat Ini Saat Hamil

5. Olahraga berat

Olahraga ibu hamil / Ist.

Olahraga ibu hamil / Ist.

Meskipun ibu hamil pecinta, pecandu atau atlet olahraga, tetap olahraga berat tidak diperbolehkan bagi ibu hamil. Disarankan ibu hamil melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau senam kehamilan, yang sekarang banyak diajarkan di kelas-kelas kehamilan atau rumah sakit bersalin.

6. Produk kecantikan tertentu

Make up untuk Ibu hamil / Ist

Make up untuk Ibu hamil / Ist

Beberapa produk kecantikan ternyata tidak baik bagi ibu hamil karena mengandung zat yang berbahaya bagi janin, seperti produk anti jerawat atau pembersih yang mengandung asam salisilat, beta hidroksi atau BHA. Selain itu, make up yang mengandung differin (adapelen), retin-A atau renova (tretinoin), retinoic acid, retinol, retinyl, tazarotene dan salicyclic acid  juga dilarang. Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan dan dokter kecantikan untuk pemakaian make up atau produk kecantikan yang aman bagi janin.

7. Pembedahan

Dampak stres bagi Ibu hamil

Ist.

Pembedahan apapun dilarang dilakukan dalam masa kehamilan. Misalnya ingin melakukan operasi plastik pada payudara. Sebaiknya operasi dilakukan setelah melahirkan dan anak tidak menyusui. Karena setiap pembedahan yang dilakukan akan beresiko lebih besar pada ibu hamil dan janinnya.

Operasi bedah plastik pada payudara juga akan beresiko kekurangan laktasi pada ibu hamil. Apabila memang terpaksa melakukan pembedahan akibat kecelakaan atau lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan dokter bedah.

8. Suntik botox

Suntik botox / Ist.

Suntik botox / Ist.

Meskipun sampai saat ini belum diketahui dampak langsung yang berbahaya dari suntik botox kepada janin dan kehamilan, namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan pada saat hamil. Hal tersebut dikarenakan suntik botox tetap menggunakan zat asing yang dimasukkan kedalam tubuh. Apabila memang sangat diperlukan dan mendesak dilakukan, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli bedah plastik.

Baca juga: Sayuran Ini Tak Boleh Dimakan Saat Hamil

 

Comment di sini