Cara Menjernihkan Air Kotor Tanpa Zat Kimia

by
January 30th, 2014 at 11:10 am

CiriCara.com – Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini tengah mengalami bencana banjir. Selain merendam rumah-rumah milik warga, bencana banjir ini juga mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

bantuan air

Bantuan air bersih – Ist

Air banjir yang kotor bisa mengakibatkan sejumlah penyakit. Namun, karena tidak adanya pasokan air bersih beberapa warga pun terpaksa mencuci dan mandi menggunakan air banjir tersebut. Adakah cara untuk menjernihkan air yang kotor?

Menurut Tutor Mobil Hijau Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Findryaningsih Fiona, sebebarnya ada cara sederhana yang bisa digunakan untuk menjernihkan air tanpa bahan kimia. Penjernihan air kotor ini bisa dilakukan dengan cara disaring.

Berikut cara sederhana menjernihkan air, seperti diungkapkan Findry dan dikutip dari Liputan6.com:

Media Penyaring:

1. Pasir
Menurut Findry, pasir yang bisa digunakan untuk menyaring air adalah yang berukuran 0,2-0,8 mm. Pasir ini digunakan untuk menyaring padatab. Ganti pasir jika air saringan sudah tidak jernih lagi.

2. Arang batok kelapa
Arang yang bisa digunakan untuk menyaring air adalah yang ukuran diameternya 0,1 mm atau berbentuk bubuk. Arang ini bisa mengurangi warna dan bau. Ganti arang, jika air saringan sudah tidak jernih lagi.

3. Penyaring lainnya
Kerikil, ijuk, dan batu juga bisa dijadikan alat penyaring air. Sementara kapur, tawas, dan akporit (penggumpal koagulan) akan membantu menggumpalkan kimia pencemar menjadi endapan.

alat penyaring air

Alat penyaring air – Aimyaya.com/id

Pembuatan media penyaring air:
- Siapkan tiga wadah penampung air (wadah ke-2 bentuk tabung). Letakkan batu kerikil (yang sudah dibersihkan) di dalam wadah pertama yang sudah diberi lubang di tengah-tengahnya.

- Masukkan batu ke dasar wadah ke-2, tambahkan batu kerikil, arang tempurung kelapa, pasir halus, ijuk, pasir halus, dan tambah ijuk lagi, susun saling bertumpukan. Sebelumnya, wadah sudah dilubangi di bawahnya. (Ketebalan masing-masing lapisan disesuaikan dengan besarnya wadah penyaring).

- Wadah ke-3 digunakan untuk menampung air hasil saringan.

Itulah cara mudah menjernihkan air kotor dengan media penyaring dari alam. Jangan lupa untuk membersihkan atau mengganti media penyaring jika air hasil saringan sudah tidak jernih lagi. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini