Cara Mengatasi Motor Ngeberebet

by
February 3rd, 2014 at 3:41 pm

CiriCara.com – Beberapa pengendara sering mengeluhkan masalah motor yang ngeberebet saat dijalankan. Padahal, bensin sudah terisi penuh tapi masih saja ngeberebet seperti akan kehabisan bensin. Apa penyebabnya dan seperti apa cara mengatasinya?

motor harley

Rombongan motor Harley Davidson – Ist

Masalah tersebut jelas akan mempengaruhi performa sepeda motor Anda. Jika masalahnya sudah semakin parah, mesin motor pun akan mudah mati di tengah jalan. Meskipun mesin masih bisa dinyalakan kembali, hal ini jelas akan membuang waktu Anda.

Tidak perlu merasa kesal dan putus asa, sebenarnya masalah ngeberebet ini bisa diatasi kok. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi masalah motor ngeberebet:

1. Bahan bakar

isi bahan bakar

Isi bahan bakar di SPBU – ist

Motor ngeberebet bisa dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang tidak bagus. Biasanya terjadi pada motor yang harusnya diisi Pertamax tapi malah diisi Premium. Bahan bakar yang tidak bagus akan meninggalkan kerak yang bisa menghambat kerja mesin.

Ganti bahan bakar motor Anda ke bahan bakar yang beroktan tinggi, seperti Pertamax. Gunakan selalu bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Tujuannya adalah agar mesin motor tidak cepat rusak.

2. Ganti busi

busi ngk

Busi Motor – Ist

Motor ngeberebet juga bisa disebabkan oleh busi yang tidak bagus atau kotor. Cobalah untuk membersihkan atau mengganti busi motor Anda. Ganti busi dengan tipe yang lebih dingin, misal NGK 7 diganti angkanya 8 atau 9. Hal ini karena busi dingin ini lebih tahan.

3. Periksa karburator

bersihkan karburator

Bersihkan karburator motor – Ist

Motor ngeberebet bisa disebabkan oleh karburator yang rusak. Biasanya masalah ada pada pelampung dan needle valve. Jika kedua komponen ini rusak, maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Akibatnya motor akan ngeberebet.

Bisa juga bahan bakar motor Anda sudah kemasukan air. Jika hal ini yang terjadi, cobalah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis. Masalah ini bisa terjadi akibat kesalahan saat mencuci ataupun banjir.

4. Bawa ke bengkel

Jika masalah tersebut tidak teratasi, segera bawa ke bengkel resmi. Biasanya pihak bengkel akan langsung membersihkan semua komponen mesin dan juga kaburator.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika motor ngeberebet saat dijalankan. Semoga dengan cara-cara di atas sepeda motor Anda bisa kembali ke performa terbaiknya.

(YG)

Comment di sini