Gunung Kelud Alami Kenaikan Status Jadi Waspada

by
February 3rd, 2014 at 8:58 am

Kediri (CiriCara.com) – Salah satu gunung yang masih aktif di Jawa Timur, Gunung Kelud mengalami kenaikan status menjadi waspada.

Gunung Kelud / Ist.

Gunung Kelud / Ist.

Gunung aktif ini mulai mengalami peningkatan aktivitas sejak akhir pekan kemarin. Akibatnya warga yang tinggal sekitar 5 km dari tempat gunung berdiri, kini terpaksa harus meninggalkan rumah dan daerah mereka.

Dilansir dari Detik.com, menurut informasi dari Kabag Humas Basarnas Moch Hernanto, kemarin, Minggu, 2 Februari 2013 pujul 14.30, warga yang bermukim di sekitar Gunung Kelud diminta untuk mengosongkan rumahnya karena status Gunung Kelud meningkat jadi waspada.

Gunung yang terletak di wilayah Kediri ini memang diprediksikan akan segera meletus dalam beberapa hari ke depan. Awan dan lahar panas kemungkinan akan menyem bur dalam beberapa hari ke depan.

Namun seperti tak mengindahkan perintah dari Basarnas, para warga yang bermukim di seputar Gunung Kelud tampak tak mengindahkan peringatan yang berwenang.

Akses ke gunung yang menjadi tempat wisata alam tersebut juga dikabarkan telah ditutup. Dengan ketinggian sekitar 1.731 meter dpl, Gunung Kelud selama ini dimanfaatkan sebagia tempat wisata karena memiliki berbagai obyek yang menarik seperti danau kawah, kolam air hangat, dan lainnya. (RN)

Comment di sini