19 Gunung Api di Indonesia Mengalami Kenaikan Status

by
February 4th, 2014 at 11:16 am

Jakarta (CiriCara.com) – Belum selesai Gunung Sinabung mengeluarkan aktivitas vulkanisnya, Gunung Kelud di Jawa Timur yang merupakan gunung aktif ikut menunjukkan peningkatan aktivitas.

Gunung Sinabung / Antara  / Republika

Gunung Sinabung / Antara / Republika

Menurut hasil perkiraan dari Badan Nasional Penanggunlangan Bencana (BNPB) ada 19 gunung api di seluruh Indonesia yang pada saat ini juga ikut menunjukkan peningkatan aktivitas dan mengalami peningkatan status menjadi waspada.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara termasuk gunung yang memiliki status Awas atau berada di level IV. Level ini terus mengalami kenaikan sejak 24 April 2013 lalu.

Sementara gunung-gunung yang berstatus Siaga atau berada di level III antara lain Gunung Karangetang, Gunung Lokon, dan Gunung Lokatenda.

Sedangkan gunung yang memiliki status Waspada atau berada di level II berjumlah 19 buah yaitu Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Seulewah Agam, Gamalama, dan Kerinci.

Meski belasan gunung ini sedang mengalami peningkatan status, namun masyarakat di sekitar lokasi gunung diharapkan tidak panik karena kumpulan gunung ini tidak akan meletus secara tiba-tiba. Dengan kata lain, masyarakat masih memiliki banyak waktu untuk menyelamatkan diri andaikata gunung tersebut meletus.

Sementara peningkatan status yang paling signifikan kini terjadi pada Gunung Kelud. Gunung yang terletak di wilayah Kediri ini memang diprediksikan akan segera meletus dalam beberapa hari ke depan. Awan dan lahar panas kemungkinan akan menyem bur dalam beberapa hari ke depan.

Sampai saat ini, akses yang menuju ke gunung tersebut termasuk akses wisata ditutup oleh pihak yang berwenang. Sebelumnya, kawasan di sekitar Gunung Kelud memiliki banyak sekali obyek wisata seperti danau kawah, kolam air hangat, dan sebagainya. (RN)

Comment di sini