5 Hal Menarik yang Bisa Kita Lihat di Piala Dunia

by
February 4th, 2014 at 9:06 am

CiriCara.comPiala Dunia yang akan digelar pertengahan tahun ini tentu merupakan perhelatan akbar yang ditunggu-tunggu oleh pecinta sepakbola di seluruh dunia. Event empat tahunan itu seakan menyihir seluruh penjuru negeri dan dalam edisi 2014 ini, seluruh mata akan tertuju pada negeri samba, tempat dimana ajang kompetisi sepakbola terbesar di dunia itu akan digelar.

Tentunya akan ada banyak hal menarik yang dapat kita saksikan di Piala Dunia, mulai dari persiapan tuan rumah sampai laga seru dan menegangkan para peserta untuk merebut gelar juara. Setidaknya, ada 5 hal menarik yang dapat kita saksikan di Piala Dunia, seperti apa kejutan yang akan tercipta di ajang kompetisi sepakbola dunia ke-20 ini, berikut ulasannya.

1. Juara Dunia

Spanyol juara Piala Dunia 2010 / Daily Mail

Spanyol juara Piala Dunia 2010 / Daily Mail

Sejarah mencatat hanya ada delapan tim yang pernah menyandang predikat sebagai juara dunia. Lima negara Eropa (Italia, Jerman, Perancis, Spanyol, Inggris) dan tiga negara yang berasal dari Amerika Latin (Brasil, Argentina, Uruguay). Tentunya menarik untuk ditunggu, negara manakah yang akan menyabet gelar Juara Dunia kali ini? Apakah salah satu dari ke-8 negara tersebut akan kembali meraih trofi atau akan muncul negara baru,seperti Spanyol yang menjadi juara empat tahun silam.

2. Musik & Seremoni

Lagu tema Piala Dunia 2014 / Ist.

Lagu tema Piala Dunia 2014 / Ist.

Seperti perhelatan akbar pada umumnya. Piala Dunia 2014 tentu akan diadakan opening & closing ceremony. Seremoni dalam acara ini akan digelar secara megah dan besar-besaran, beragam kebudayaan dari ke-32 negara peserta juga akan kita saksikan disini. Brasil yang menjadi tuan rumah tentu akan menonjolkan budaya mereka yang kental akan nuansa latin.

Tak hanya seremoni, musik yang merupakan bahasa universal selain sepakbola juga akan muncul. Jika empat tahun lagu ‘Waka Waka (This Time for Africa)’ dikumandangkan oleh Shakira. Menyusul kesuksesan lagu tersebut, kali ini gilran lagu ‘We Are One’ yang menjadi lagu resmi Piala Dunia 2014 dan dinyanyikan oleh rapper Pitbull berkolaborasi dengan penyanyi berdarah latin Jennifer Lopez dan penyanyi asal Brasil, Claudia Leitte.

3. Pemain bintang

Piala Dunia 2014 / Ist.

Piala Dunia 2014 / Ist.

Sebelum Piala Dunia 2010 digelar, siapa yang mengenal Mesut Oezil atau Luis Suarez? Namun saat ini sepertinya tak ada pecinta sepakbola yang tidak mengenal kedua pemain tersebut. Yup, Piala Dunia biasanya selalu melahirkan pemain bintang yang sebelumnya namanya tidak pernah dikenal publik, dan biasanya pemain-pemain itu akan berpotensi menjadi pemain besar.

Umumnya mereka juga masih berusia muda dan menjadi bintang di masa depan, sebut saja Luiz Ronaldo atau Zinedine Zidane, bahkan legenda sepakbola lainnya juga lahir di Piala Dunia seperti Ferenc Puskas, Pele, Franz Beckenbaueur, Johan Cruyff hingga Diego Maradona. Kali ini, siapa pemain bintang yang akan muncul?

4. Drama dan Kontroversi

Tangan Tuhan Maradona / Ist.

Tangan Tuhan Maradona / Ist.

Masih ingat tandukan Zinedine Zidane terhadap Marco Materazzi pada Piala Dunia 2006 lalu. Atau tidak disahkannya gol Frank Lampard ke gawang Jerman dan handball Luis Suarez yang meloloskan Uruguay secara dramatis kala menghadapi Ghana empat tahun silam. Sepakbola memang selalu menghadirkan drama yang biasanya juga disebabkan oleh kontroversi. Yang paling diingat, jelas ‘Gol Tangan Tuhan’ milik Maradona yang tidak akan pernah dilupakan pada Piala Dunia 1986 silam. Dan pada Piala Dunia kali ini, drama seperti apakah yang akan disuguhkan.

5. Fanatisme Suporter

Vuvuzela / Ist.

Vuvuzela / Ist.

Sepakbola tak lengkap tanpa suporter. Beragam fans dan suporter dari seluruh dunia akan berbondong-bondong datang ke Brasil demi mendukung tim kesayangannya. Berbagai macam atribut pun dikenakan, mulai dari jersey, spanduk, cat rambut dan cat tubuh, terompet serta atribut menarik lainnya yang tak kalah unik. Tak jarang mereka juga akan melakukan chant dan mengkumandangkan lagu untuk negaranya. Jika empat tahun silam kita mengenal Vuvuzela, kali ini apa yang akan menjadi atribut ‘khas’ para suporter?

Comment di sini