Cara Agar Tidak Bokek di Pertengahan Bulan

by
February 4th, 2014 at 2:34 pm

CiriCara.com – Gaji tahun ini sudah naik, tapi penghasilan rasanya masih kurang saja. Boro-boro untuk menabung, pertengahan bulan saja uang gaji sudah mulai menipis. Makan pun terpaksa hanya pakai nasi putih sama tempe. Harus bagaimana?

kantong bokek

Lagi bokek – Ist

Masalah seperti itu hampir dialami oleh banyak orang. Uang gaji yang mereka dapat ternyata tidak bisa bertahan hingga akhir bulan. Terkadang, ada beberapa orang yang terpaksa harus berhutang karena tidak punya tabungan lagi.

Daripada mengeluh tanpa membuahkan hasil, lebih baik Anda mulai mencari solusi dari sekarang. Jangan biarkan Anda terus-terusan bokek saat memasuki tengah bulan. Berikut ada beberapa cara untuk mencegah bokek yang bisa Anda coba.

1. Jangan utang

Uang gaji sering cepat habis karena untuk membayar utang bulan sebelumnya. Jika ingin gaji tetap awet, usahakan jangan terlalu banyak utang. Apalagi jika Anda meminjam uang pada rentenir, hal ini jelas akan merugikan Anda sendiri. Ingat! Utang itu bisa menggerogoti keuangan Anda.

2. Jangan jajan

Kebiasaan membeli camilan sering membuat keuangan kita jadi boros. Hindari membeli makanan atau minuman yang tidak begitu diperlukan. Mengurangi jatah jajan bisa membuat uang gaji Anda jadi lebih hemat dan bermanfaat.

3. Jalan-jalan hemat

Kebiasaan setiap terima gaji, bawaannya selalu ingin pergi hang out bareng teman-teman. Anda diminta untuk mentraktir semua teman karena baru gajian, ini jelas pemborosan. Cobalah untuk hang out hemat dan yang bisa bermanfaat. Misalnya, pergi ke masjid untuk mendengarkan ceramah. Biasanya pendengar ceramah juga dapat jatah konsumsi.

tabungan

Menabung – Ist

4. Hemat sehat

Uang gaji bisa lebih hemat jika kita cermat dalam membelanjakannya. Cobalah untuk mengurangi belanja barang yang tidak sehat, seperti rokok dan alkohol. Selain bisa hemat uang gaji, Anda pun bisa hidup sehat.

5. Niat menabung

Uang gaji akan terus habis jika Anda tidak mempunyai niat untuk menabung. Anda bisa menghentikan kebiasaan boros jika memang ada keniatan. Karenanya, yakin kan diri bahwa Anda bisa menabung dan hidup hemat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar uang gaji tidak boros dan bisa ditabung. Semoga dengan cara-cara tesebut Anda bisa menjadi seorang yang sukses dan bijaksana dalam membelanjakan uang.

(YG)

Comment di sini