Mengenal Alat Elektronik Rumah Tangga Modern Terpopuler

by
February 4th, 2014 at 4:52 pm

CiriCara.com – Gaya hidup yang modern, praktis dan efisien semakin dinikmati masyarakat beberapa tahun belakangan ini. Terutama dengan adanya tuntutan pekerjaan yang memerlukan waktu lebih banyak, membuat masyarakat memerlukan alat bantu untuk meringkaskan waktu kerja sekaligus membuat cepat hasilnya. Kebutuhan alat bantu ini tidak hanya ditemukan di kantor tapi juga rumah tangga.

Para ibu rumah tangga saat ini dituntut mampu mengerjakan banyak pekerjaan namun lebih hemat waktu dan cepat hasilnya. Karena itu alat elektronik yang bisa beradaptasi dengan kebutuhan tersebut menjadi pilihan utama dalam rumah tangga. Berikut alat elektronik yang paling banyak dipakai rumah tangga:

1. Televisi

Panasonic TC-P60VT60 / CNet

Panasonic TC-P60VT60 / CNet

Sekarang ini apabila rumah tangga tidak memiliki televisi, maka hal tersebut dianggap aneh. Televisi telah menjadi wajib yang ada didalam rumah tangga karena dapat memberikan informasi kepada kita.

Televisi beberapa tahun belakangan ini terlihat menggantikan fungsi radio dalam menyiarkan informasi dan hiburan dengan lebih menarik, terutama dikarenakan adanya gambar bergerak yang bisa kita lihat langsung. Sebagai media hiburan, televisi menjadi hiburan yang murah dikarenakan tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk mendapatkan hiburan, cukup duduk manis di rumah dan menonton.

Baca juga: 5 TV LED Terbaik dengan Layar Raksasa

2. Kipas Angin

Kipas angin / Ist.

Kipas angin / Ist.

Kipas angin, benda wajib yang ada di rumah tangga selain televisi. Dengan semakin meningkatnya suhu akibat adanya persoalan perubahan iklim dan pemanasan global, maka alat ini menjadi satu kebutuhan, terutama bagi kalangan menengah ke bawah yang tidak bisa membeli pendingin ruangan atau AC.

Bentuk kipas angin pun sekarang bermacam-macam bahkan ada yang portable alias bisa dibawa kemana-mana dengan gampang. Kipas angin juga salah satu alat elektronik rumah tangga yang hemat listrik dan harganya juga tidak mahal.

3. Setrika

Setrika / Ist.

Setrika / Ist.

Dahulu kita sudah menggunakan setrika berbahan arang untuk melicinkan pakaian. Tapi sekarang, setrika yang menggunakan listrik merupakan salah satu barang yang diperlukan rumah tangga untuk membuat rapi pakaian, terutama setelah dicuci, dimana pakaian menjadi mengkerut atau menggumpal dan kusut, sehingga tidak rapi untuk dipakai ke kantor atau ke sekolah. Kerapihan masih merupakan salah satu aturan yang diberlakukan di sekolah atau di kantor di Indonesia.

4. Lemari Pendingin

 

Kulkas / Ist.

Kulkas / Ist.

Lemari Pendingin atau kulkas, dianggap sebagai satu benda elektronik wajib yang ada di rumah tangga, karena fungsinya. Selain dapat menyimpan makanan dan minuman dalam keemasan lemari pendingin juga dapat digunakan untuk mengawetkan bahan makanan mentah, buah-buahan dan sayuran sehingga kita tidak harus membeli bahan tersebut tiap hari.

Lemari pendingin juga ternyata dapat menambah ekonomi keluarga. Misalnya dengan membuat es batu atau es buah yang dapat dijual ke tetangga terdekat atau sekitar lingkungan rumah kita. Hal ini berguna bagi kita yang tinggal di perkampungan, yang tidak semua rumah memiliki lemari pendingin.

5. Mesin cuci

Kesalahan mencuci pakaian

Ist.

Di era kepraktisan dan kecepatan diperlukan, maka mesin cuci menjadi salah satu alat elektronik di dalam rumah tangga. Alat eletronik ini sangat membantu kita pada saat cucian kita banyak, tapi cuaca tidak mendukung atau hujan terus menerus. Mesin cuci dengan pengeringlah yang akan kita gunakan, sehingga tidak memerlukan sinar matahari untuk mengeringkan cucian kita.

Mesin cuci memang dianggap tidak ramah lingkungan, karena proses pengeringan pakaian menggunakan daya listrik. Tapi kita bisa mensiasatinya dengan tidak mencuci tidak tiap hari, menggunakan detergen yang berukuran besar daripada yang kecil dan apabila memilih tempat mencuci dan pengering dalam satu tabung.

6. Telepon seluler

Samsung Galaxy Grand 2

Ist.

Dijaman era komunikasi semakin terbuka dan dapat dilakukan dimana saja, alat elektronik ini adalah jawabannya. Telepon selular kemudian menggantikan alat komunikasi telpon yang dahulu biasa digunakan di rumah tangga. Sekarang ini, setiap anggota keluarga hampir semuanya memiliki telepon selular untuk berkomunikasi, kecuali yang masih balita. Biaya pulsa yang murah dan dapat diisi kapan saja, juga menjadi pilihan orang-orang lebih memilih menggunakan telepon selular dibandingkan dengan telepon rumah.

7. Komputer

Komputer / Ist.

Komputer / Ist.

Pada masa dulu, untuk menulis surat, tugas-tugas sekolah atau kuliah, kita menggunakan mesin tik. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, mesin tik pun tergantikan dengan komputer yang lebih cepat, dan bisa berfungsi tidak hanya untuk mengetik, tapi juga hiburan, seperti bermain games, menonton film dll. Bentuk komputer juga mengalami perubahan, seiring orang menuntut kepraktisan dan sistem yang lebih canggih serta cepat dalam mengakses data. Sekarang ini bisa kita lihat bentuk laptop atau notebook.

Baca juga: Foto: 5 Fungsi Unik CPU dan Monitor Bekas

 

 

Comment di sini