Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

by
February 5th, 2014 at 11:17 am

CiriCara.com – Buah alpukat sering dimanfaatkan untuk membuat minuman ataupun jus segar. Selain bisa menghilangkan rasa dahaga, ternyata buah alpukat ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat buah alpukat itu?

alpukat

Buah Alpukat – Ist

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nilai nutrisi, termasuk karbohidrat, lemak, serat diet, protein, dan lainnya. Nutrisi pada buah alpukat itu lah yang akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh manusia.

Kebanyakan orang menilai buah alpukat ini sama seperti buah pada umumnya. Namun, dibalik bentuk serta rasanya yang manis, buah alpukat ini juga menyimpan sejumlah manfaat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh.

1. Menambah berat badan

Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus, alpukat bisa menjadi solusi untuk menambah berat badan secara alami. Alpukat mengandung banyak kalori dan juga nutrisi yang bisa membantu meningkatkan berat badan. Konsumsi alpukat jika Anda ingin cepat gemuk.

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Apakah Anda mengalami masalah kulit kering atau rambut rontok? Alpukat bisa jadi obat alami. Kandungan vitamin E pada buah alpukat ternyata bisa melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari. Selain itu, alpukat juga bisa membuat rambut Anda sehat dan indah.

3. Cegah peradangan

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata buah alpukat juga bisa bermanfaat untuk mencegah peradangan. Nutrisi yang terkandung pada alpukat bisa mencegah risiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

4. Mengontrol gula darah

Bagi Anda yang tidak ingin terkena penyakit diabetes, konsumsi lah buah alpukat. Kandungan lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) pada buah alpukat bisa membantu mengatasi resistensi insulin. Artinya, alpukat juga bisa membantu tubuh dalam mengontrol gula darah.

Jus Alpukat - Ist

Jus Alpukat – Ist

5. Menurunkan kolesterol

Menkonsumsi buah alpukat diketahui bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Selain itu, buah alpukat juga akan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Jadi, alpukat ini sangat baik untuk kesehatan.

6. Tekanan darah

Buah alpukat juga diketahui bisa menurunkan sekaligus mengontrol tekanan darah, sangat cocok buat penderita tekanan darah tinggi. Hal ini karena alpukat memiliki banyak kandungan zat potasium.

Selain keenam manfaat tersebut, sejumlah penelitian menemukan bahwa buah alpukat juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Namun, hal itu masih belum bisa dipastikan pada tubuh manusia.

(YG)

Comment di sini