Penyebab Berat Badan Turun Drastis

by
February 6th, 2014 at 3:09 pm

CiriCara.com – Kita sering dibuat bingung saat berat badan kita turun secara drastis. Padahal, selama ini kita tidak pernah menjalani program diet apa pun. Benarkah ini merupakan tanda dari adanya penyakit? Atau karena faktor lain?

berat badan turun terus

Berat badan turun drastis – Ist

Perubahan bentuk tubuh biasanya tidak akan kita sadari. Hingga pada akhirnya ada teman atau anggota keluarga yang mengatakan “kenapa tubuhmu kurus sekali? Memangnya kamu tidak makan?”. Tentunya, hal ini akan membuat kamu terkejut.

Bagi orang yang menjalani diet, penurunan berat badan tentu menjadi anugerah. Tapi, bagi Anda yang terlalu kurus, penurunan berat badan ini jelas menjadi musibah. Berikut beberapa penyebab berat badan turun secara drastis.

1. Mengalami depresi

Seseorang yang sedang depresi akan mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan selera makan. Pada akhirnya, berat badannya pun akan mengalami penurunan karena malas makan. Depresi ini bisa disebabkan karena putus cinta, pekerjaan, dan masalah keluarga.

2. Kelainan hormon

Penurunan berat badan juga bisa disebabkan oleh hormon tiroid yang terlalu aktif (Hipertiroidisme). Hal ini akan mempercepat sistem metabolisme di tubuh sehingga berat badan akan turun dengan cepat. Penderita Hipertiroidisme ini akan mudah berkeringat.

3. Penyakit diabetes

Diabetes atau kelebihan kadar gula darah juga bisa menyebabkan berat badan turun secara drastis. Penyakit diabetes ini akan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Kadar glukosa itulah yang menyebabkan massa otot menyusut.

4. Penyakit celiac

Penyakit celiac ini biasanya akan menyerang usus. Jika usus sudah terluka parah, maka penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tidak akan maksimal. Akibatnya berat badan turun drastis.

diabetes

Diabetes – Ist

5. Tuberklosis (TBC)

Penderita tuberklosis ini akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, virus tuberklosis ini juga akan membuat berat badan Anda menyusut secara cepat. Karenanya Anda harus waspada.

6. Kanker

Penurunan berat badan secara drastis juga bisa disebabkan adanya sel kanker di dalam tubuh. Sel-sel kanker tersebut akan merusak sel normal dalam tubuh hingga berat badan pun akan menurun.

Bagi Anda yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, tidak ada salahnya untuk waspada. Segera periksakan kondisi kesehatan Anda kepada dokter yang sudah terpercaya.

(YG)

Comment di sini