Busway Cepat Rusak, Jokowi Ditipu Perusahaan China?

by
February 10th, 2014 at 10:41 am

Jakarta (CiriCara.com) – Bus Transjakarta (Busway) dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang dibeli Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dari China dilaporkan sudah mengalami kerusakan. Meski belum lama dioperasikan, sejumlah komponen bus diketahui sudah rusak.

bus transjakarta buatan china

Bus Transjakarta – Ist

Pengamat Transportasi Instran, Darmaningtyas pun menganggap pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak teliti saat akan membeli bus. Menurutnya, pihak perusahaan China yang membuat bus tersebut diduga telah melakukan kecurangan untuk mengelabui Pemprov DKI.

“Itu berarti perusahaan China yang menipu Pemprov DKI,” ujar Darmaningtyas, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (10/2/2014).

Baca juga: Bus Transjakarta dari China Dilengkapi CCTV.

Melihat bukti foto-foto kerusakan bus-bus tersebut, Darmaningtyas menduga bahwa bus yang dijual ke Pemprov DKI Jakarta itu merupakan stok lama. Hanya ada perubahan di bagian luar agar terlihat seperti baru, sementara bagian mesin tidak diganti.

Terkait dengan dugaan tersebut, Darmaningtyas pun menyarankan agar Pemprov DKI Jakarta segera melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait. Pasalnya, kerusakan bus Transjakarta itu tidak wajar.

“Mereka-mereka yang terlibat dalam pengadaan bus itu harus tanggung jawab,” kata Darmaningtyas.

Agar kesalahan yang sama tidak terjadi, Darmaningtyas pun menyarankan Pemprov DKI sebaiknya membeli bus yang sudah terbukti dan ada Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang berdiri di Indonesia. Menurutnya, pembelian bus dari luar negeri akan jadi percuma jika kualitasnya tidak bagus.

“Hal itu perlu supaya yang melakukan pemeliharaan jangan kita (Pemprov DKI), tapi biar ATPM yang profesional,” ujar Darmaningtyas.

(YG)

Comment di sini