Busway Rusak, Ahok Duga Ada Oknum Dishub Yang Disogok

by
February 10th, 2014 at 2:53 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Bus Transjakarta atau busway yang baru saja didatangkan dari China ternyata sudah bermasalah. Bus gandeng tersebut ada yang karatan, pintu macet, dan AC tidak berfungsi baik. Padahal, bus impor tersebut belum lama ini dioperasikan.

basuki tjahaja purnama

Ahok – Ist

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pun langsung geram mendengar kabar tersebut. Ahok lantas menduga ada oknum Dinas Perhubungan (Dishub) yang mendapat suap sehingga bus karatan tersebut bisa masuk ke Jakarta.

“Mungkin ada oknum Dishub yang menerima barang itu disogok, mungkin kan,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Senin (10/2/2014).

Baca juga: Busway Buatan China Cepat Rusak, Jokowi Kena Tipu.

Ahok merasa aneh kenapa pihak Dishub tetap meloloskan bus yang sudah karatan tersebut. Padahal seharusnya Dishub bisa langsung menolak jika saat pemeriksaan menemukan ada komponen bus yang sudah tidak layak pakai atau karatan.

“Kalau beli motor atau beli mobil baru saja, tidak ada yang mau beli yang karatan gitu lho,” kata Ahok.

Menurut Ahok, seharusnya petugas Dishub bisa mengetahui mana bus yang masih bagus dan mana bus yang sudah karatan. Kalau ada bus yang karatan langsung dikembalikan ke pihak perusahaan pengimpor, bukan malah menerimanya.

bus transjakarta buatan china

Bus Transjakarta – Ist

“Makanya itu yang akan kita selidiki,” kata Ahok.

Meskipun demikian, Ahok mengaku masih belum mengetahui identitas petugas yang diduga melakukan kecurangan tersebut. Namun, Ahok sendiri mengaku akan tetap mengusut kasus bus impor tersebut sampai tuntas.

“Kita belum tahu (pelakunya),” kata Ahok.

(YG)

Comment di sini