Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

by
February 10th, 2014 at 4:27 pm

CiriCara.com – Kue lapis tepung beras terkenal dengan rasanya yang kenyal dan manis. Warna yang dibuat berbeda-beda membuat tampilan kue lapis tepung beras ini jadi semakin menarik. Penasaran dengan cara membuat kue lapis yang satu ini?

kue lapis nikmat

Kue lapis tepung beras – Ist

Kue lapis tepung beras ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai anak-anak jaman dulu. Tekstur kenyal pada kue lapis ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Baca juga: Cara Membuat Kue Lapis Legit.

Saat ini, penjual kue lapis kenyal ini sudah jarang ditemui. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Berikut ada panduan serta resep lengkap untuk membuat kue lapis tepung beras. Sebelum mulai membuat, siapkan dulu semua bahan yang dibutuhkan.

Resep Kue Lapis Tepung Beras

Bahan:
- 275 gr tepung beras
- 100 gr tepung sagu
- 300 gr gula pasir
- 1,2 liter santan cair
- ½ sendok teh garam
- 3 lembar daun pandan
- 5 lembar daun jeruk nipis
- Pewarna makanan, hijau muda (secukupnya)

Cara membuat:
- Rebus santan dengan garam, daun pandan, dan daun jeruk nipis. Aduk-aduk hingga santan tidak pecah. Angkat dinginkan. Buang daun panda dan daun jeruk nipis.
- Campur tempung beras, tepung sagu, dan gula aduk-aduk sambil tuangkan santan (yang sudah direbus tadi) sedikit demi sedikit, aduk terus sampai adonan jadi licin tanpa gumpalan.
- Bagi adonan menjadi dua. Adonan satu diberi pewarna hijau, aduk-aduk sampai tercampur rata. Adonan dua biarkan tetap berwarna putih.
- Siapkan loyang yang telah diolesi dengan minyak goreng secara merata. Masukkan loyang dalam dandang yang telah mendidih (dikukus).
- Tuang adonan warna putih (ketebalan sesuai selera), ratakan. Diamkan selama 5 menit, lalu tuang adonan warna hijau di atasnya, diamkan 5 menit, tuangkan lagi adonan warna putih. Lakukan cara ini hingga adonan habis.
- Setelah adonan habis, kukus kue selama 30 menit, lalu angkat.
- Potong-potong kue lapis yang sudah jadi tadi sesuai selera.
- Susun kue lapis di atas piring saji. Kue lapis siap untuk disantap.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini