Cara Agar Tidak Kalap Saat Belanja

by
February 11th, 2014 at 11:17 am

CiriCara.com – Sebagai seorang wanita belanja merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa melihat-lihat banyak barang yang bagus baik itu sepatu, tas, maupun alat kosmetik. Apakah Anda juga salah satu penggila belanja?

tips belanja hemat

Belanja – Ist

Tanpa disadari, sebagian besar wanita sering melakukan kesalahan saat belanja. Banyak di antara mereka yang “kalap” atau tidak sadar telah menghamburkan banyak uang untuk hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Akibatnya uang jatah bulanan pun akan lebih boros.

Godaan barang diskon sering muncul saat sedang berbelanja. Untuk mengatasi godaan tersebut memang tidak mudah. Tak heran, banyak wanita yang kalap dan akhirnya membeli barang diskon tersebut.

Agar hal itu tidak terjadi, berikut ada beberapa cara supaya Anda tidak kalap saat belanja:

1. Bawa pasangan

Saat berbelanja cobalah untuk mengajak pasangan, entah itu suami atau pacar. Tujuannya agar pasangan bisa mengingatkan saat Anda mulai kalap berbelanja. Anda pun bisa meminta pendapat pasangan saat akan membeli sesuatu.

2. Harus fokus

Sebaiknya Anda fokus pada kebutuhan yang akan dibeli. Misalnya, jika akan membeli beras maka langsung tuju toko penjual beras, jangan malah mampir-mampir ke toko pakaian, kosmetik, atau toko lainnya. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari godaan diskon.

3. Utamakan kebutuhan

Saat berbelanja utamakan kebutuhan dibanding keinginan. Beli barang yang memang dibutuhkan, baru setelahnya Anda boleh membeli barang lainnya jika masih ada sisa. Akan lebih baik lagi jika Anda berbelanja sesuai daftar belanjaan yang sebelumnya sudah dibuat di rumah.

berbelanja

Belanja – Ist

4. Jangan terlalu lama

Menghabiskan waktu terlalu lama di pusat perbelanjaan akan membuat Anda jadi capek. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk makanan atau pun minuman. Untuk itu, Anda harus tahu cara belanja cepat, tepat, dan hemat.

5. Bawa uang pas

Membawa uang pas akan menghindarkan Anda dari kalap saat berbelanja. Dengan uang pas ini Anda tentunya akan langsung fokus ke barang yang dibutuhkan. Meskipun ada harga diskon, Anda tidak akan tergoda karena uang yang dibawa tidak akan cukup.

Menjaga keuangan agar tetap aman adalah hal yang harus dilakukan sejak sekarang. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena selama ini telah boros saat berbelanja bulanan.

(YG)

Comment di sini