Cara Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayur

by
February 11th, 2014 at 2:15 pm

CiriCara.com – Sayuran adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak. Selain itu, sayur juga sangat baik untuk menjaga agar tubuh anak tetap sehat. Tapi, apa yang harus dilakukan jika ternyata si kecil tidak suka sayur?

anak tidak suka sayur

Tidak mau makan sayur – Ist

Meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua anak menyukai sayur. Mereka cenderung menolak dan menutup mulut saat disuruh makan sayur. Jelas hal ini akan membuat para ibu jadi kerepotan dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Para ibu mengaku khawatir dan kebingungan karena si kecil tidak mau makan sayur. Ibu khawatir kebutuhan gizi anak tidak bisa tercukupi. Akibatnya, perkembangan tubuh anak terganggu dan jadi mudah terserang penyakit.

Berikut cara membujuk anak agar mau makan sayur:

1. Libatkan anak

Saat Anda akan membeli sayur cobalah untuk mengajak anak. Biarkan anak memilih sayur mana yang dia suka. Melibatkan anak dalam aktivitas belanja ini memang melelahkan, tapi dengan begitu anak akan merasa tertarik dan mau memakan sayur tersebut.

2. Menarik dan mudah

Cobalah untuk membuat makanan dari sayur dengan bentuk yang menarik. Misalnya, wortel diiris menjadi bentuk bintang atau hewan kesukaan si kecil. Selain menarik, makanan tersebut juga harus mudah dimakan si kecil. Dengan demikian, si kecil pasti mau makan sayur.

3. Mainan yang lucu

Berikan si kecil mainan yang menyenangkan saat Anda akan menyuapinya. Permainan ini akan membuat anak jadi sibuk sendiri dan tidak memperhatikan sayuran yang dia makan. Dengan cara ini Anda bisa dengan mudah menyuapi anak.

anak tidak suka sayur4. Beri penjelasan

Untuk anak yang pikirannya sudah mulai nalar, Anda bisa memberikannya pengertian tentang manfaat sayur yang menyehatkan tubuh. Semakin banyak yang dia tahu tentang manfaat sayur, dia pasti akan semakin tertarik untuk makan sayur.

5. Ciptakan resep kreatif

Jika anak Anda lebih suka nugget ketimbang sayur, Anda bisa belajar membuat nugget sayur. Dengan cara ini anak tidak akan tahu kalau ada sayur di nugget tersebut. Intinya, Anda harus bisa menciptakan resep yang kreatif dengan bahan dari sayur. 

Cobalah untuk tetap membujuk anak agar mau makan sayur. Selain bisa membuat tubuh anak jadi lebih sehat, sayur juga lebih murah dibanding bahan makanan lainnya. Itu artinya, Anda bisa menghemat keuangan keluarga.

(YG)

Comment di sini