Cara Menghindari Osteoporosis Pada Wanita

by
February 12th, 2014 at 1:30 pm

CiriCara.com – Penyakit osteoporosis atau biasa juga disebut pengeroposan tulang ini bisa terjadi pada semua orang, termasuk para wanita. Kebiasaan hidup tidak sehat bisa menjadi salah satu pemicu osteoporosis. Harus bagaimana?

penyakit tulang

Osteoporosis – Ist

Penyakit osteoporosis ini sangat rawan terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki hormon estrogen tulang serta area tulang kortikal yang lebih kecil daripada pria. Itulah sebabnya Anda harus waspada mulai dari sekarang.

Osteoporosis ini biasanya akan mudah menyerang wanita setelah memasuki masa menopause. Kalau sejak muda sudah tidak sehat, maka risiko terkena osteoporosis ini akan semakin besar.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari osteoporosis, berikut ada caranya:

1. Biasakan jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dan murah. Aktivitas jalan kaki ini juga bermanfaat untuk memperkuat tulang Anda terutama bagian pinggul yang dianggap cukup rentan. Minimal jalan kaki selama kurang lebih 30 menit, agar tulang tetap kuat.

2. Angkat beban

Olahraga angkat beban ini dipercaya bisa memadatkan tulang kembali. Minimal lakukan 2 sampai 3 kali angkat beban dalam satu minggu. Anda bisa melakukan aktivitas ini di tempat fitness atau juga di rumah dengan cara mengangkat air mineral di dalam botol.

3. Lakukan yoga

Selain bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, yoga ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa posisi yoga diketahui sangat baik untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Untuk menghindari cedera, Anda harus didampingi instruktur yoga yang sudah ahli.

contoh sepeda statis

Olahraga menggunakan sepeda statis – Ist

4. Gunakan sepeda statis

Sepeda statis ternyata bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, khususnya di daerah kaki hingga pinggang. Jika tidak punya alat sepeda statis, Anda bisa menggunakan sepeda biasa untuk berkeliling ke taman saat pagi hari.

Selain melakukan aktivitas seperti di atas, asupan makanan juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan tulang. Jadi, konsumsi lah makanan dan minuman yang memang baik untuk kesehatan tubuh.

(YG)

Comment di sini