Cara Hemat Buat Istri yang Baru Menikah

by
February 13th, 2014 at 11:10 am

CiriCara.com – Setelah resmi menjadi pasangan suami istri, tentunya keuangan keluarga akan diserahkan kepada istri. Karenanya, istri harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan. Jangan sampai Anda menjadi istri yang boros.

tips hemat

Tips hemat – Ist

Karena sudah menjadi istri, Anda harus bisa menghilangkan kebiasaan boros yang sering dilakukan saat masih single. Jangan sampai suami jadi bangkrut karena Anda tidak bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Bagi Anda yang baru menikah, mendapat tanggung jawab untuk mengatur keuangan keluarga tentu tidak mudah. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda meminta saran kepada orangtua atau mertua jika masih bingung dalam mengatur keuangan.

Tapi jika Anda malu curhat ke orangtua, mungkin cara berikut bisa membantu Anda:

1. Biasakan masak sendiri

Hal pertama yang perlu Anda perhitungkan adalah biaya makan. Cobalah untuk membuat menu makanan sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri Anda bisa memilih bahan makanan yang murah. Cara ini akan mengajarkan Anda bagaimana cara hidup hemat.

2. Utamakan kebutuhan bersama

Mulai saat ini Anda harus belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri. Jangan pernah belanja alat kosmetik, baju, sepatu, atau kaca mata dengan uang pemberian suami. Karena uang tersebut hanya boleh digunakan untuk kepentingan bersama, kecuali jika ada sisa.

3. Berdiskusi dengan suami

Setiap kali akan membeli suatu barang, sebaiknya Anda meminta pendapat suami juga. Hal ini menghindarkan Anda dari pertengkaran rumah tangga. Jadi, jangan seenaknya membeli barang, apalagi jika harganya mahal.

tabungan

Menabung – Ist

4. Bisa menabung

Usahakan untuk menyimpan uang sisa jatah belanja yang diberikan suami. Uang tabungan ini bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti suami sakit atau biaya melahirkan. Namun, agar bisa menabung tentunya Anda harus menghemat pengeluaran.

5. Liburan hemat

Sebagai pasangan pengantin baru, Anda mungkin masih ingin bersenang-senang bersama suami. Namun, Anda sebaiknya memilih tempat liburan yang hemat. Tidak perlu ke tempat yang jauh, toh selama pacaran pun Anda sudah sering bersenang-senang.

Bagi Anda yang juga merupakan wanita karier, sebaiknya tetap jaga komunikasi keuangan dengan suami. Jangan sampai Anda dan suami malah saling cuek karena mempunyai penghasilan masing-masing.

(YG)

Comment di sini