Cara Membuat Tahu Aci Khas Tegal

by
February 13th, 2014 at 4:12 pm

CiriCara.com – Tahu aci merupakan salah satu jajanan khas dari Kota Tegal, Jawa Tengah. Camilan yang satu ini masih eksis hingga sekarang. Banyak sekali penjual yang menjajakan tahu aci ini, mulai dari pedagang kaki lima hingga pedagang di toko oleh-oleh khas Tegal.

jajanan khas tegal

Tahu Aci khas Tegal – Ist

Tahu aci ini umumnya disantap bersama dengan cabai rawit hijau. Meskipun demikian, tahu aci juga bisa disantap dengan cara dicocol kecap atau pun saus tomat. Sangat nikmat jika disantap selagi masih hangat.

Baca juga: Cara Membuat Tahu Gejrot.

Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuat tahu aci ini adalah tahu dan tepung sagu (kanji/aci). Cara membuatnya pun cukup mudah, bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Anda bisa mencoba membuat tahu aci di rumah.

Resep Tahu Aci khas Tegal

Bahan:
- 10 buah tahu kuning ukuran sedang, potong melintang (agar jadi bentuk segitiga)
- 100 gr tepung sagu
- 3 batang daun bawang, iris halus
- 3 siung bawang putih, haluskan
- Merica bubuk
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- 2 sdm tepung terigu (agar aci tidak terlalu kenyal dan basah setelah digoreng)

tahu aci

Tahu kuning yang sudah diberi adonan – Ist

Cara membuat:
- Campur tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, merica bubuk, daun bawang, dan garam. Aduk sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Jangan terlalu banyak air agar adonan tidak encer.
- Ambil isi tahu kuning, tapi jangan semua. Setelah itu, ambil adonan dan masukkan ke tahu kuning tadi, secukupnya. Lakukan cara yang sama hingga tahu kuning dan adonan habis.
- Goreng tahu kuning yang sudah diberi adonan ke dalam minyak panas. Goreng sampai aci matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
- Sajikan tahu aci di piring saji, beri cabai rawit dan semangkuk kecil saus.
- Tahu Aci khas Tegal siap untuk disantap.

Selamat menciba! (YG)

Comment di sini