Ciri-ciri Orang Yang Sulit Lepas dari Utang

by
February 14th, 2014 at 2:58 pm

CiriCara.com – Meminjam uang ke rekan kerja atau bank tentu sudah menjadi hal yang umum dilakukan sejumlah orang. Hasil utang itu nantinya akan dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari kebutuhan hidup sampai biaya setoran kredit rumah.

orang terlilit utang

Terlilit utang – Ist

Jika dilakukan terlalu sering, maka akan muncul kebiasaan utang. Akibatnya, orang tersebut akan sulit terlepas dari kebiasaan utang dan akan tetap terlilit utang yang terus menumpuk setiap bulannya. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Meminjam uang untuk kebutuhan mendesak itu boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Kemudahan dalam mendapatkan uang pinjaman akan membuat Anda merasa malas untuk mencari uang dengan cara lain. Akibatnya Anda akan “kecanduan” utang.

Berikut ciri-ciri orang yang sulit terlepas dari utang:

1. Tutup lubang gali lubang

Orang yang selalu menutup utang dengan cara meminjam uang ke pihak lain adalah orang yang akan sulit lepas dari utang. Walau utang yang satu sudah lunas, tapi akan muncul utang-utang yang lain hingga akhirnya Anda bangkrut.

2. Mencicil tagihan

Anda sering membayar tagihan kartu kredit secara minimum? Jika iya, itu tanda kalau Anda akan sulit terlepas dari utang. Mencicil tagihan memang terlihat lebih ringan. Namun jika dijumlah, tagihan yang akan Anda bayar nanti justru akan bertambah karena ada bunga. Berbeda jika Anda melunasinya langsung.

3. Orang pengangguran

Orang yang tidak bekerja tentu akan terlilit utang. Untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, maka dia akan terus mencari pinjaman sana-sini. Kebiasaan ini akan terus berlanjut sampai dia bisa mendapatkan penghasilan.

teman pinjam uang

Pinjam uang – Ist

4. Gaya hidup tinggi

Kebiasaan hidup di atas garis standar hanya akan membuat Anda terjebak utang. Jumlah pengeluaran yang lebih besar dari penghasilan tentu akan memaksa Anda untuk berhutang. Sebaiknya, sesuaikan gaya hidup Anda dengan jumlah penghasilan.

5. Kebiasaan boros

Orang yang mempunyai pola hidup yang boros pasti akan terlilit utang. Kebiasaan boros yang terus dibiarkan akan membuat Anda bangkrut pada suatu saat. Selagi masih ada uang, lebih baik manfaatkan uang tersebut untuk tabungan masa depan.

Itulah beberapa ciri dari orang yang akan sulit terlepas dari utang. Semoga ciri-ciri di atas bisa menyadarkan Anda agar tidak menjadi orang yang suka utang.

(YG)

Comment di sini