Gunung Kelud Meletus: Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup

by
February 14th, 2014 at 10:11 am

Kediri (CiriCara.com) – Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur akhirnya meletus pada Kamis, 13 Februari 2014, sekitar pukul 22.50 WIB. Hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud ini menyebar ke kota-kota di sekitarnya, hingga sejumlah wilayah di Jawa Tengah juga ikut terkena.

gunung kelud meletus

Hujan abu di Bandara Juanda, Surabaya – detik.com

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa ada 3 bandara yang terpaksa ditutup karena hujan abu. Ketiga bandara tersebut adalah Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Adi Sumarmo di Solo, dan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta.

“Bandara Juanda, Adi Sumarmo, dan Adi Sucipto untuk sementara ditutup karena terdampak hujan abu Gunung Kelud,” kata Sutopo melalui keterangan tertulis kepada wartawan, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Sutopo menjelaskan bahwa erupsi Gunung Kelud hingga saat ini masih berlangsung. Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi tidak akan terjadi erupsi besar susulan.

“Kemungkinan tidak akan terjadi erupsi besar lagi seperti erupsi yang terjadi pada Kamis pukul 23.30 WIB,” ujar Sutopo berdasar pada prediksi PVMBG.

Seperti diketahui, Gunung Kelud meletus pada Kamis pukul 22.50 WIB. Gunung yang konon selalu meletus saat Wage itu kembali mengalami erupsi besar pada pukul 23.30 WIB. Meski aktivitasnya sudah mulai menurun, terlihat semburan abu vulkanik masih terjadi.

Hujan abu dari letusan Gunung Kelud ini menyebar di beberapa wilayah, yakni Kediri, Malang, Blitar, Surabaya, Ponorogo, Pacitan, Solo, Yogya, Boyolali, Magelang, Purworejo, dan Temanggung. Di beberapa wilayah tersebut, bahkan ketebalan abu vulkanik ada yang mencapai 10 cm.

(YG)

Comment di sini