Konon Gunung Kelud Biasa Meletus Saat Wage

by
February 14th, 2014 at 9:18 am

Blitar (CiriCara.com) – Gunung Kelud yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Blitar, di Jawa Timur akhirnya meletus pada Kamis (13/2/2014) pukul 22.50 WIB. Semburan material vulkanik Gunung Kelud ini pun tersebar hingga ke sejumlah daerah, termasuk Jawa Tengah.

gunung kelud

Gunung Kelud – Twitter

Sebelumnya, warga Blitar sudah lebih dahulu waspada. Pasalnya, mereka sudah tahu kebiasaan Gunung Kelud yang hanya meletus pada hari pasaran Wage. Dan hal itu terbukti, Gunung Kelud meletus pada Kamis malam atau bertepatan dengan Jumat Wage.

Jika melihat berdasarkan kalender Jawa, letusan Gunung Kelud ini terjadi bertepatan dengan malam Jumat Wage. Menurut warga, ini bukan kali pertama Gunung Kelud meletus pada hari pasaran Wage.

“Gunung Kelud telah beberapa kali meletus bertepatan dengan neptu atau hari pasaran Wage,” kata Jamil, salah seorang warga di Blitar, Jawa Timur, seperti dikutip dari Metrotvnews.com, Jumat (14/2/2014).

Kepercayaan Gunung Kelud selalu meletus pada hari Wage pun menjadi bahan bahasan para jemaah yasinan di Kompleks Perumahan Pondok Delta Jengglong, Kelurahan Kaweron, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Karena sudah tahu Gunung Kelud biasa meletus pada hari pasaran Wage, warga Blitar pun sudah mulai siaga sejak Kamis (13/2/2014) malam. Pasalnya pada kalender Jawa, pergantian hari terjadi pada sore hari. Itu artinya, Kamis sore sudah masuk Jumat Wage.

“Karena itu, malam ini perlu waspada mengantisipasi aktivitas Gunung Kelud, karena sekarang malam Jumat Wage,” ujar Jamil pada Kamis (13/2/2014) malam, sebelum Gunung Kelud meletus.

Terlepas dari mitos atau hanya kebetulan, kebiasaan Gunung Kelud yang meletus pada hari pasaran Wage ini setidaknya bisa menjadi tanda buat warga untuk lebih waspada. Warga pun sudah mulai mengungsi sejak status Gunung Kelud naik jadi Waspada.

(YG)

Comment di sini