Cara Membuat Jamur Crispy Renyah

by
February 18th, 2014 at 10:31 am

CiriCara.com - Di Indonesia memang banyak macam jamur seperti jamur kuping, jamur bulat, jamur karang, jamur payung dan masih banyak lainnya. Tetapi tidak semua jamur dapat kita makan. Karena ada beberapa jamur yang mengandung racun. Kita harus bisa mengenali jamur yang beracun dan yang tidak beracun.

Jamur crispy / Republika

Jamur crispy / Republika

Kebanyakan masyarakat, jamur dimasak sop atau masakan berkuah lainnya. Tapi kali ini kami akan sajikan cara membuat jamur crispy yang renyah. Jamur yang cocok untuk bahan baku jamur crispy adalah jamur tiram.

Mungkin masyarakat sudah sering mendengar jamur crispy. Dan jamur crispy ini sangat cocok untuk camilan atau makan ringan. Berikut bahan dan cara membuat jamur crispy:

Bahan membuat jamur crispy renyah :

- 500  gram jamur tiram putih
- 250 gram tepung maizena
- 1 butir telur ayam
- 100 gram tepung beras
- Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu yang disiapkan :

- 4 siung bawang putih
- 1/2 sendok makan ketumbar
- 1 sendok makan garam

Cara membuat jamur crispy yang renyah untuk camilan :

  1. Rendam sebentar jamur tersebut kurang lebih 5 menit, setelah itu jamur dicuci hingga bersih, kemudian suwir-suwir jamur dan tiriskan.

  2. Campurkan tepung maizena dan tepung beras aduk hingga merata, kemudian sisihkan.

  3. Kocok telur dan bumbu halus yang telah disediakan dan aduk hingga merata.

  4. Tambahkan campuran tepung maizena dan tepung beras yang sudah tercampur dengan air secukupnya dan adonan tercampur rata.

  5. Kemudian masukkan jamur ke dalam adonan, sehingga tepung menempel ke seluruh jamur dan goreng di atas api sedang. Proses penggorengan tidak perlu waktu yang lama, cukup 5-10 menit saja. Jika tepung sudah mulai berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan.

  6. Untuk mendapatkan aneka jamur crispy, Anda dapat campurkan bumbu dengan berbagai cita rasa ke dalam jamur, kocok jamur tersebur hingga merata. Sekarang jamur crispy renyah siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba untuk jamur crispy renyahnya!

Baca jugaCiriCara: Cara Membuat Jamur Kriuk Pedas

(NE)

Comment di sini