Cara Sehat Ibu Hamil Penderita Diabetes

by
February 18th, 2014 at 3:11 pm

CiriCara.com – Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Diabetes saat hamil atau biasa dikenal dengan diabetes gestasional diketahui bisa membahayakan kesehatan janin. Lalu, harus bagaimana?

 hamil

Ibu Hamil – Ist

Bagi ibu hamil yang menderita diabetes biasanya akan mengalami mual, lelah, dan sakit punggung yang berlipat dibanding ibu hamil yang normal. Butuh perlakuan khusus agar kondisi ini tidak semakin parah dan membahayakan janin.

Penyakit diabetes ini memang sangat sulit untuk disembuhkan. Hanya pola makan dan juga olahraga saja yang bisa mengurangi diabetes dalam tubuh. Karenanya, para penderita diabetes harus menjaga pola makannnya.

Berikut cara agar tetap sehat bagi ibu hamil yang terkena diabetes:

1. Kurangi asupan gula

Diabetes adalah penyakit kelebihan kadar gula darah dalam tubuh. Agar kadar gula bisa berkurang, Anda sebaiknya mengurangi asupan gula. Hindari makanan atau minuman yang manis-manis. Anda tetap boleh menkonsumsi buah-buahan, namun jangan berlebihan.

2. Asupan karbohidrat

Karbohidrat juga bisa membuat jumlah kadar gula darah meningkat. Karenanya, Anda juga harus memperhatikan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi setiap harinya. Jangan terlalu banyak agar kadar gula dalam tubuh tetap terkontrol.

3. Asupan protein

Menu makan penderita diabetes harus mencakup sekitar 15-30 persen protein. Hal ini karena protein bisa membantu mengimbangi lonjakan gula darah dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain, kacang kedelai, tempe, bayam, telur, dan daging.

diabetes

Diabetes – Ist

4. Makanan kaya serat

Wanita pengidap diabetes gestasional disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat. Pasalnya, serat pada makanan akan membantu untuk menyerap kandungan gula darah. Itu artinya Anda harus menkonsumsi banyak sayuran.

5. Selalu sarapan

Meski merasa tidak nafsu makan, Anda tetap harus sarapan. Hal ini karena sarapan juga mampu menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Tentunya, Anda harus sarapan dengan menu yang sehat dan bebas dari makanan manis.

Tetap jaga kesehatan tubuh Anda agar calon buah hati bisa lahir selamat dan sehat. Jika mengalami masalah atau gangguan kesehatan lainnya, segera konsultasikan ke dokter kandungan yang sudah terpercaya.

(YG)

Comment di sini