Tak Bisa Makan, Gadis India Cuma Minum Susu Selama 25 Tahun

by
February 18th, 2014 at 3:03 pm

New Delhi (CiriCara.com) – Makanan empat sehat lima sempurna seperti nasi, sayur, lauk, buah, dan susu adalah syarat yang diperlukan bagi tubuh untuk terus tumbuh dengan sehat dan kuat. Tetapi, apa jadinya bila tubuh hanya diberi salah satu asupan dari bahan-bahan di atas, mampukah kita bertahan?

Manju dari India / Ist.

Manju dari India / Ist.

Ternnyata tubuh masih bisa bertahan. Hal ini dibuktikan sendiri oleh Manju Dharra, seorang wanita berumur 25 tahun dari Sonipat, New Delhi, India.

Dilansir dari Oddity Central, sejak lahir Manju sama sekali tidak bisa memakan makanan padat. Selama puluhan tahun itu, tubuhnya hanya mengonsumsi susu, teh, mentega, dan air biasa.

Manju harus melakukan diet tersebut karena ia menderita sebuah penyakit langka bernama achalasia atau kegagalan jariangan otot yang lembut untuk berelaksasi.

Achlasia terjadi karena otot kardiak sfinkter menutup kerongkongan hingga perut sehingga makanan keras tidak bisa dicerna. Saat si pasian nekat memakan makanan keras seperti ini, maka dia akan muntah.

Karena kondisi ini, ibu Manju, Bhagwati Dharra memberi asupan gizi cair lewat susu, teh, air, dan juga jus. Meski hanya mendapat asupan gizi cair tersebut namun tinggi badan Manju melebihi tinggi rata-rata wanita India sebayanya. Tubuhnya yang kurus tidak menghalanignya untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah walaupun tak jarang ia mendapat sakit perut yang berlebihan.

Ibu Manju sendiri baru menyadari kelainan pada anaknya saat Manju berumur 2 tahun. Saat itu anak gadisnya memuntahkan semua makanan keras yang diberikannya termasuk beras dan roti.

Baca jugaAyam Tanpa Kepala Mampu Hidup Selama 2 Tahun

Saat Manju didiagnosa dengan penyakit achalasia, keluarganya tidak mampu membiaya operasi Manju yang teramat mahal. Jalan satu-satunya adalah mengganti makanan Manju. Keluarga kecil tersebut kemudian memutuskan untuk membeli seekor sapi agar kebutuhan susu Manju terpenuhi setiap harinya. (RN)

Comment di sini