Cara Agar Gaji Tidak Hanya Numpang Lewat

by
February 19th, 2014 at 11:56 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang sering mengeluh gaji yang mereka dapatkan cepat habis. Rekening yang digunakan untuk menerima gaji lebih sering dijadikan tempat numpang lewat saja. Apakah Anda juga sering mengalami hal yang sama?

uang gaji numpang lewat

Uang gaji – Ist

Banyak orang mengaku tidak bisa menabung karena gaji yang mereka dapatkan hanya numpang lewat. Anggaran belanja setiap bulannya selalu ludes dan bahkan terpaksa utang untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Terlepas dari jumlah gaji yang didapatkan, sebenarnya setiap orang bisa menghemat gajinya. Hanya saja untuk melakukan penghematan tersebut tidaklah mudah, butuh tekad yang kuat dan juga kemauan yang tinggi untuk lebih hemat.

Berikut ini ada beberapa cara agar gaji Anda tidak hanya numpang lewat:

1. Tujuan yang jelas

Tetapkan target atau tujuan yang jelas. Misalnya, Anda akan membeli rumah sendiri. Dengan mengetahui tujuan tersebut, Anda tentunya akan berusaha untuk lebih rajin dan giat dalam bekerja. Anda pun tentunya akan mulai menabung untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut.

2. Catat setiap pengeluaran

Mungkin selama ini Anda tidak sadar berapa uang yang telah dihamburkan dengan sia-sia. Untuk itu, cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran Anda. Dengan demikian, Anda bisa tahu letak kesalahan Anda dalam mengelola gaji.

3. Langsung ditabung

Anda tidak harus menunggu ada sisa dulu untuk menabung. Sebaiknya, begitu menerima gaji, langsung ambil beberapa untuk ditabung di rekening yang berbeda. Pemisahan rekening ini akan sangat bermanfaat agar Anda tidak kalap dalam berbelanja.

teman pinjam uang

Pinjam uang – Ist

4. Hindari utang

Membeli barang secara kredit atau berutang ke orang justru akan membuat pengeluaran Anda jadi boros. Anda tentunya harus mencicil utang atau tagihan kredit tersebut setiap bulannya. Itulah sebabnya Anda tidak bisa menabung. Jadi, hindari utang!

5. Realistis

Setiap kali akan membeli barang, lihat dulu besarnya gaji yang Anda dapatkan. Jangan sampai Anda membeli barang yang melebihi kapasitas dari jumlah gaji Anda. Cobalah untuk realistis bahwa penghasilan Anda tidak mencukupi untuk membeli barang mahal.

Cobalah untuk mulai menabung demi masa depan yang lebih baik. Sisihkan sebagian uang dari gaji Anda dan belajarlah untuk hidup hemat serta efektif. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

(YG)

Comment di sini