Cara Membersihkan Mobil dari Abu Vulkanik

by
February 19th, 2014 at 4:31 pm

CiriCara.com – Abu vulkanik dari Gunung Kelud yang meletus pada Kamis (13/2/2014) malam lalu juga menutupi sejumlah kendaraan yang terparkir di luar ruangan. Banyak mobil milik warga yang terlihat diselimuti abu vulkanik yang cukup tebal.

abu vulkanik

Abu vulkanik pada mobil – Ist

Abu vulkanik ini pada dasarnya mengandung unsur asam sulfat yang bisa menyebabkan korosi. Karena itulah, kendaraan-kendaraan yang kerap melintas di jalan yang penuh dengan abu vulkanik rentan mengalami kerusakan.

Untuk mencegah mobil agar tidak rusak, Anda tentunya harus membersihkannya dari abu vulkanik. Cuci mobil Anda setelah terkena ataupun melintasi jalanan yang dipenuhi oleh abu vulkanik. Lalu, bagaimana cara membersihkan abu vulkanik yang benar?

Berikut cara membersihkan mobil dari abu vulkanik:

1. Basahi secara perlahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi seluruh bagian mobil dengan menggunakan air yang dialirkan secara perlahan. Hal ini mencegah agar bodi mobil tidak lecet oleh gesekan abu vulkanik. Meskipun terlihat lembut, sebenarnya abu vulkanik ini mempunyai tekstur yang runcing dan tajam.

2. Bersihkan bagian roda

Gunakan air bertekanan sedang untuk membersihkan kotoran dan abu vulkanik yang menempel pada bagian roda. Semprotkan air ke coakan di atas ban dan juga shockbreaker. Dua bagian tersebut biasanya menjadi tempat mengendapnya kotoran.

3. Pakai shampo mobil

Gunakan shampo mobil ber-PH netral untuk melawan abu vulkanik yang bersifat asam. Shampo tersebut juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecerahan warna pada cat mobil Anda. Dengan demikian, cat mobil akan tetap awet.

cara mencuci mobil

Mencuci mobil – Ist

4. Usap sampai bersih

Setelah abu vulkanik sudah disingkirkan, sekarang Anda bisa mengusap badan mobil sampai bersih. Jika menemukan ada sisa debu vulkanik yang tertinggal, jangan digosok, lebih baik disiram langsung pakai air. Perhatikan di sela-sela mobil Anda, karena bisa jadi ada abu yang tertinggal.

5. Bilas sampai bersih

Sekarang bilas mobil dengan menggunakan air hingga bersih dari busa shampo yang tadi digunakan. Keringkan dengan lap yang masih bersih atau steril. Hal ini bertujuan agar abu vulkanik tidak kembali menempel pada mobil.

Jika kondisi jalan masih dipenuhi abu vulkanik, sebaiknya tutup mobil Anda dengan menggunakan selimut khusus. Tujuannya agar abu vulkanik yang berterbangan di jalan tidak lagi hinggap di mobil Anda.

(YG)

Comment di sini