Sedekah ke Pengemis di Palembang, Denda Rp 50 Juta

by
February 19th, 2014 at 3:50 pm

Palembang (CiriCara.com) – Pemerintah Kota Palembang akan segera memberlakukan denda sebesar Rp 50 juta bagi pemberi sedekah ke pengemis, pengamen, dan anak jalanan (Anjal). Peraturan tersebut akan mulai berlaku pada April 2014 mendatang.

pengemis jalanan

Pengemis – Ist

“Siapa yang memberikan sedekah kepada pengemis, Anjal, dan pengamen di jalan umum akan dikenakan denda sebesar Rp 50 juta,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Palembang Faizal, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (19/2/2014).

Faizal menjelaskan bahwa kebijakan pemberian denda tersebut dibuat berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2013. Perda tersebut berisi tentang Pembinaan Anak Jalanan, Pengemis, dan Orang Gila.

Baca juga: Dapat Rp 25 Juta, Walang Ngemis Untuk Naik Haji.

Tidak hanya berlaku untuk pemberi sedekah, denda Rp 50 juta tersebut juga berlaku bagi orang atau lembaga yang menyuruh orang untuk mengemis. Nantinya, bos pengemis ini juga akan mendapat hukuman tambahan berupa 3 bulan penjara dan pencabutan izin jika berbentuk lembaga.

Untuk merealisasikan kebijakan denda tersebut, kata Faizal, pihaknya akan membentuk tim yang berjumlah 38 orang. Masing-masing petugas akan di tempatkan di sejumlah titik rawan pengemis. “Mereka bekerja mulai April nanti,” kata Faizal.

Baca juga: Pengemis di Blok M Dapat Rp 15 Juta Per Bulan.

Adapun titik-titik yang sudah ditetapkan, yakni Simpang Jakabaring, Simpang Tugu KB, Bundaran Air Mancur, Simpang RS Charitas, Simpang Kampus, Simpang Angkatan 45, Simpang Polda, Simpang Angkatan 66, Simpang Patal, Simpang Tanjung Api-api, dan kawasan Benteng Kuto Besak.

(YG)

Comment di sini