Waspada Banjir Lahar Dingin Gunung Kelud

by
February 19th, 2014 at 5:09 pm

Surabaya (CiriCara.com) – Hujan yang kerap mengguyur di sekitar lokasi Gunung Kelud dikhawatirkan akan menyebabkan banjir lahar dingin. Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf pun mengimbau warganya untuk tetap waspada.

lahar dingin gunung kelud

Banjir lahar dingin Gunung Kelud – Merdeka.com

Syaifullah juga meminta agar warganya tetap berada di pengungsian hingga kondisi benar-benar sudah aman. “Saya harap semuanya waspada dan tidak kembali pulang sebelum ada keputusan,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu.

Menurut Gus Ipul, aliran lahar dingin Gunung Kelud itu akan melewati sejumlah sungai yang lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga. Dikhawatirkan banjir lahar dingin itu akan menghantam perumahan warga.

“Kondisinya lahar dingin sudah pekat dan banjir lahar itu membawa material-material gunung melalui beberapa sungai di sekitar gunung,” ujar Gus Ipul di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Selasa (18/2/2014) malam.

Lihat juga: Video Fenomena Alam Gunung Kelud Meletus.

Demi keamanan, Gus Ipul pun meminta agar semua warga mau mengikuti arahan-arahan dari petugas seperti Tim SAR, Polisi, maupun TNI. Pasalnya, beberapa warga ada yang nekat untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Banjir lahar dingin Gunung Kelud sudah terjadi sejak kemarin. Sejumlah akses jalan di wilayah Kediri, Malang, dan Blitar dilaporkan rusak. Akses jalan menuju kampung-kampung warga dilaporkan terputus oleh banjir lahar dingin.

Truk dan kendaraan pengantar bantuan ke kampung warga pun tidak bisa melewati jalan tersebut karena banjir lahar dingin. Namun, menurut Gus Ipul, saat ini banjir lahar dingin Gunung Kelud sudah mulai surut.

“Untuk saat ini, kondisi banjir sudah mulai surut,” kata Gus Ipul.

(YG)

Comment di sini