Cara Agar Rem Tromol Lebih Pakem

by
February 20th, 2014 at 4:41 pm

CiriCara.com – Sistem pengereman merupakan salah satu hal yang penting pada sepeda motor. Jika sistem pengereman bermasalah, maka keselamatan pengendara menjadi taruhannya. Apakah sistem pengereman motor Anda berfungsi dengan baik?

rem tromol belakang motor

Rem tromol sepeda motor – Ist

Salah satu mekanisme pengereman yang paling banyak dipakai di sepeda motor adalah sistem rem tromol. Meskipun sudah banyak yang menggunakan rem cakram, rem tromol masih tetap jadi primadona para pengendara motor.

Baca juga: Cara Merubah Tampilan Pelek Motor yang Keren.

Namun, seringkali sistem rem tromol ini tidak bisa bekerja dengan baik. Para pengendara mengeluhkan sistem rem tromol mereka yang tidak pakem. Padahal, kampas rem yang digunakan masih baru dan masih tebal.

Berikut ada cara sekaligus trik agar rem tromol sepeda motor lebih pakem:

1. Lepaskan tromol dan bersihkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan dudukan kampas rem dan tromol secara perlahan. Bersihkan tromol menggunakan lap bersih atau angin bertekanan tinggi (kompresor). Pastikan tidak ada debu atau sisa kampas rem yang tertinggal pada pelek maupun tromol.

2. Rendam kampas rem

Lepaskan kampas rem dari dudukan tromol. Rendam ke dalam air biasa hingga meresap, Jemur kampas rem di bawah sinar matahari sampai kering. Kemudian pasang kembali kampas rem ke dudukan tromol.

3. Gunakan sabun colek

Oleskan sabun colek pada tromol dan juga kampas rem. Sabun colek ini dipercaya bisa membuat rem tromol jadi semakin pakem saat ditekan. Trik tersebut memang masih belum diketahui secara pasti, tapi sebagian orang mengaku sudah menggunakannya.

rem tromol motor

Rem tromol setelah dibongkar – Ist

4. Beli yang baru

Sebelum memasang kembali rem tromol, lihat dulu ketebalan dari kampas rem sepeda motor Anda. Jika ketebalannya sudah berkurang, itu tandanya Anda harus membeli yang baru. Kampas rem yang sudah tipis tidak bisa melakukan pengereman secara maksimal.

5. Atur kedalaman rem tromol

Setelah semua bagian rem tromol dipasang kembali, sekarang tinggal mengatur kedalaman rem sesuai selera Anda. Pastikan semua komponen rem tromol sudah terpasang dengan benar dan kuat.

Selalu periksa sistem pengereman sepeda motor Anda agar tetap aman dalam berkendara. Jika dirasa sudah tidak pakem, segera lakukan pembersihan dan jika perlu ganti dengan kampas rem yang baru.

(YG)

Comment di sini