Kalimat Untuk Menolak Teman yang Suka Utang

by
February 20th, 2014 at 11:48 am

CiriCara.com – Mempunyai teman yang suka meminjam uang alias utang memang jadi masalah tersendiri buat beberapa orang. Berbagai macam alasan sering dia lontarkan agar kamu mau meminjamkan uang kepadanya.

menolak pinjaman uang

Menolak teman yang mau pinjam uang – Ist

Satu atau dua kali meminjam uang, itu masih bisa dibilang wajar. Tapi, jika dia sudah berkali-kali utang dan belum juga mengembalikan uang pinjaman sebelumnya, itu baru kurang ajar. Lebih baik kamu tolak saja dia, daripada kamu bangkrut.

Menghadapi teman yang suka utang memang tidak mudah. Seringkali kamu merasa tidak enak hati jika menolak saat dia meminjam uang. Tapi, di lain sisi kamu juga sudah merasa bosan terus-terusan menjadi bank berjalan untuknya. Harus bagaimana?

Berikut ada beberapa kalimat yang ampuh untuk menolak teman yang suka utang:

1. Gue juga lagi bokek, maaf ya

Daripada kamu bingung mau ngasih alasan apa, mending kamu bilang aja kalau saat ini sedang tidak ada uang. Dengan kalimat ini, dia pasti akan menyerah dan tidak akan merayu kamu lagi agar mau meminjamkan uang.

2. Ada sih.. tapi buat setor motor, bayar kos, dll

Alasan sedang ada kebutuhan bisa dipakai jika teman sudah tahu bahwa kamu sedang banyak uang. Bilang padanya, kalau uang yang kamu terima bulan lalu itu akan digunakan untuk membeli sejumlah keperluan. Dijamin! Dia pasti bakal menyerah.

teman pinjam uang

Pinjam uang – Ist

3. Yang kemarin aja belum dikembaliin

Jika kamu mulai merasa kesal dan terganggu, kamu bisa gunakan kalimat ini. Dia pasti akan jadi malu sendiri dan salah tingkah. Selain untuk menolak, kalimat ini juga secara tidak langsung menagih utangnya yang belum dikembalikan.

4. Padahal aku mau pinjem ke kamu

Kalimat seperti ini memang terdengar klasik. Namun, kalimat tersebut sangat ampuh untuk menolak teman yang hobi utang. Tanpa perlu mengeluarkan banyak alasan, kalimat tersebut sudah bisa menunjukkan bahwa kamu sedang tidak ada uang.

Meminjamkan uang ke teman adalah hal yang baik. Tapi, kamu jangan mudah percaya pada orang yang hobi utang. Karena besar kemungkinan uang yang kamu pinjamkan itu tidak akan dikembalikan olehnya.

Masih punya kalimat ampuh untuk menolak teman yang suka utang?

(YG)

Comment di sini