5 Alasan Facebook Beli WhatsApp

by
February 21st, 2014 at 3:43 pm

CiriCara.comFacebook baru saja membeli aplikasi instant messaging WhatsApp senilai USD 19 miliar atau setara Rp 206 triliun. Ini menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sekedar diketahui, WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh dua mantan karyawan Yahoo, yakni Jan Koum dan Brian Acton. Tentunya patut dipertanyakan alasan mengapa Facebook rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli perusahaan aplikasi yang baru berusia 5 tahun itu.

Namun, Facebook sepertinya punya alasan kuat dibalik proses akuisisi layanan berlogo telepon berwarna hijau tersebut. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

1. Pertumbuhan yang cepat

WhatsApp digunakan oleh banyak platform / Ist.

WhatsApp digunakan oleh banyak platform / Ist.

Meski baru berjalan sekitar lima tahun, WhatsApp menjadi salah satu layanan berikirim pesan dengan pertumbuhan yang cukup pesat, yakni 450 juta pengguna. 70% diantaranya merupakan pengguna aktif dan diklaim penggunanya bertambah 1 juta per hari.

Selain itu ada 19 miliar pesan teks terkirim dan 34 miliar pesan teks yang diterima. Ini belum termasuk jumlah fotoo (600 juta), pesan suara (200 juta) dan pesan video (100 juta) yang dikirimkan dalam kurun 24 jam. Tentunya ini merupakan angin segar bagi Facebook yang meskipun memiliki jumlah pengguna 1.2 miliar namun trafiknya mulai menurun.

Comment di sini