Akil Mochtar Diduga Terima Suap Hingga Rp 161 Miliar

by
February 21st, 2014 at 3:41 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar telah menjalani sidang perdana kasus korupsi pada Kamis (20/1/2014) sore kemarin. Dalam dakwaannya, Akil diduga telah menerima suap hingga Rp 161 miliar.

akil mochtar terima suap

Akil Mochtar – Ist

Jaksa Rini Triningsih membacakan dakwaan bahwa uang suap Akil itu dialirkan ke rekening CV Ratu Samagat dengan “kedok” transaksi bisnis. Perusahaan tersebut diketahui merupakan milik istri Akil yang bernama Ratu Rita.

“Padahal kegiatan bisnis tersebut tak pernah ada,” kata Jaksa Rini saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (20/2/2014) kemarin.

Baca juga: Gaji Rp 30 Juta, Akil Mochtar Masih Terima Suap.

Menurut jaksa, total harta yang digelapkan Akil melalui rekening CV Ratu Samagat itu mencapai Rp 51,7 miliar. Uang tersebut dikirim dengan cara bertahap sebanyak 63 kali dengan jumlah yang berbeda-beda setiap transaksi.

Selain dialirkan ke CV Ratu Samagat, Akil disebut telah menitipkan sekitar Rp 35 miliar ke koleganya, Muhtar Efendy. Akil juga disebut telah menukarkan Rp 65,2 miliar dengan dolar Amerika Serikat yang kembali dialirkan ke rekening CV Ratu Samagat.

Menurut catatan Jaksa Rini, kekayaan Akil dari 2010-Oktober 2013 yang diperoleh dari cara halal hanya sekitar Rp 8,6 miliar. Uang Akil sebelihnya diduga merupakan hasil suap. Pasalnya Akil tidak mempunyai usaha lain selain menjadi hakim konstitusi.

“Harta kekayaan terdakwa menyimpang dari profil terdakwa,” kata Jaksa Rini.

Selain pencucian uang, Akil juga diduga telah membelanjakan sebagian uang suapnya itu untuk membeli aset bergerak dan tak bergerak. Di antaranya, tanah dan bagunan, mobil, dan, sepeda motor.

(YG)

Comment di sini