Cara Bijak Memarahi Anak

by
February 21st, 2014 at 9:15 am

CiriCara.com - Setiap pasangan selalu mendambakan kehadiran anak. Berbagi cara akan dilakukan pasangan jika sulit mendapatkan keturunan. Apa lagi di zaman yang modern seperti sekarang ini. Banyak alat-alat canggih untuk mendapatkan anak.

Anak yang marah / Ist.

Anak yang marah / Ist.

Anak adalah buah hati. Mendidik anak merupakan tanggung jawab orang tua yang harus diemban dengan baik. Pada saat usia emas atau golden age yaitu, 1-5 tahun banyak hal yang bisa mempengaruhi anak, sehingga bertingkah laku yang tidak wajar. Pengaruh tersebut terkadang dari teman bermain,lingkungan sekitar atau juga dari orang dewasa.

Terkadang anak kecil suka menirukan tingkah laku orang dewasa. Biasanya yang ditiru bukan tingkah laku baik, melainkan tingkah laku yang jelek. Nama juga masih anak-anak dinasehati juga susah. Tingkah laku tersebut membuat seorang Ibu jengkel. Pada dasarnya tingkah laku seorang anak dapat dikontrol dengan baik, dengan cara membimbing dan mendidik anak dengan cara yang bijak.

Memarahi anak  itu boleh saja, tetapi dengan marah yang bagaimana. Memarahi anak bukan berarti kita tidak sayang pada anak, karena kita ingin memberi pengarahan yang baik buat anak. Memarahi anak dengan membentak-bentak, dengan cara kekerasan fisik, memberi ancaman atau memberi hukuman secara berlebihan akan berpengaruh pada perilaku anak yang positif untuk ke depannya.

Dan jika terlalu sering memarahi dengan kekerasan fisik, akan membuat akan semakin berani dan berontak. Dilansir dari lakesideconnect.com memarahi anak secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi perkembagan psikologis anak tersebut.

Menurut penelitian buku anak yang tumbuh dengan orang tua yang pemarah akan memiliki sifat seperti kurang bersosialisasi, menutup diri terhadap lingkungan, lebih agresif, depresei, dan tidak empati terhadap keadaan orang lain di sekitarnya.

Baca juga: CiriCara: Cara Menghadapi Emosi Anak

Banyak orang tua yang sulit mengontrol amarah atau emosinya ketika anaknya melakukan kesalahan dan bertingkah laku tidak wajar. Dan berikut beberapa cara memberitahu kepada si anak atas kesalahannya dengan cara mendidik dan agar pesan tersampaikan dengan baik kepada si anak serta anak mengetahui kesalahan yang telah dibuat.

Comment di sini