Cara Membersihkan Motor dari Abu Vulkanik

by
February 21st, 2014 at 4:22 pm

CiriCara.com – Setelah fenomena Gunung Kelud meletus sudah usai, kini saat yang tepat untuk membersihkan sepeda motor dari abu vulkanik. Hal ini bertujuan agar performa sepeda motor Anda bisa kembali fit seperti sebelumnya.

abu vulkanik gunung berapi

Motor melintasi jalan yang tertutup Abu Vulkanik – Merdeka.com

Abu vulkanik yang menempel pada motor ternyata mempunyai sifat yang merusak. Karenanya sebelum digunakan, bersihkan dulu motor Anda dari sisa-sisa abu vulkanik itu. Pastikan tidak ada abu yang tersisa, terutama di bagian mesin.

Baca juga: Cara Membersihkan Mobil dari Abu Vulkanik.

Menurut Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Muhammad Abidin, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan para biker saat membersihkan abu vulkanik. Sebelum dipakai, pastikan semua komponen sudah bersih.

Berikut cara membersihkan motor dari abu vulkanik:

1. Mencuci sepeda motor

Bagi Anda yang sering melintasi daerah yang terdapat abu vulkanik, lebih baik selalu cuci sepeda motor Anda setiap kali selesai dipakai. Gunakan air yang mengalir agar abu bisa hilang dengan sendirinya. Semprotkan air bertekanan tinggi di sela-sela motor.

2. Cek kebersihan rantai

Mengecek komponen yang biasanya terdapat gemuk (pelumas), seperti rantai, bearing, as roda. Gemuk yang digunakan biasanya membuat abu vulkanik menempel. Karenanya, bersihkan dulu gemuk tersebut dan ganti dengan yang baru.

rantai motor awet

Rantai motor – Ist

3. Periksa CVT

Bagi pemilik sepeda motor matik disarankan untuk mengecek kebersihan CTV-nya. Segera bersihkan dari abu vulkanik yang masih menempel. Pastikan CVT pada motor matik Anda sudah bersih dari abu vulkanik.

4. Bersihkan filter udara

Setelah dipakai untuk menembus jalur yang penuh abu vulkanik, bersihkan filter udara pada motor Anda. Karena besar kemungkinan abu vulkanik sudah menumpuk. Jika sampai masuk ke mesin, hal ini tentu akan membuat performa motor jadi tidak fit.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para pengendara motor yang terkena dampak abu vulkanik. Bersihkan motor dari abu vulkanik agar tidak mengalami kerusakan yang lebih parah hingga mengganggu performa motor.

(YG)

Comment di sini