Cara Merawat Buku yang Benar

by
February 21st, 2014 at 5:01 pm

CiriCara.com - Menurut istilah buku adalah jendela dunia. Tanpa buku dunia akan terasa gelap. Buku dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting.Dari semua kalangan selalu membutuhkan buku. Apalagi bagi kalangan pelajar.

Untuk jenis buku ini bermacam-macam seperti, buku tulis, buku sejarah, novel, komik, biografi, majalah, dan masih banyak jenisnya. Buku tulis biasanya sering digunakan untuk mencatat sesuatu hal yang penting. Bagi pelajar buku untuk mencatat materi pelajaran. Tapi terkadang kita malas dalam merawat buku. Khususnya bagi pelajar laki-laki. Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat buku agar tetap rapi.

1. Menyampuli

Menyampuli buku / Ist.

Menyampuli buku / Ist.

Menyampul buku sebenarnya tidaklah sulit, namun butuh ketelatenan dan waktu yang sedikit lama agar mendapatkan hasil sampulan yang rapi. Dengan kita menyampul buku, buku yang sudah lama akan terlihat tetap bersih. Jika kita menggunakan sampul plastik, gunakan plastik yang agak tebel dan plastik yang tidak lengket ke buku.

Karena terkadang ada plastik yang lengket saat digunakan. Agar bagian depan buku atau cover terlihat maka gunakan plastik yang bening untuk menyampulnya. Dalam memasang sampul jangan terlalu ketat, nanti bisa membuat bagian depan buku terlipat karena kita sering membuka buku tersebut. Jika sampul sudah rusak, segeralah mengganti dengan sampul yang baru agar buku selalu terlihat bersih.

Comment di sini